Ini Dia 7 Manfaat Rutin Minum Teh Jahe untuk Kesehatan

Ini Dia 7 Manfaat Rutin Minum Teh Jahe untuk Kesehatan

Teh Jahe bermanfaat untuk kesehatan-Teh Jahe bermanfaat untuk kesehatan-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Pernah minum teh jahe? Jahe sudah lama dikenal memiliki khasiat untuk kesehatan. 

 

Bagaimana jika diminum rutin? Ada segudang manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah terbukti ilmiah. 

 

Dilansir dari Forbes, Kamis 4 Januari 2024, terdapat bukti bahwa minuman tersebut, yang berasal dari tanaman yang telah digunakan sebagai obat selama ribuan tahun, dapat membantu meringankan penyakit mulai dari mual hingga kram menstruasi, serta memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Cara membuatnya juga mudah. Cukup melakukannya hanya dengan sepotong jahe segar dan air mendidih.

BACA JUGA:Minum Kopi Instan Berbahaya untuk Kesehatan? Simak Faktanya Berikut Ini

Apa Itu Teh Jahe?

 

“Meskipun disebut teh (yang biasanya menggunakan daun teh), teh jahe adalah ramuan atau infus rimpang jahe,” kata Kantha Shelke, Ph.D., ilmuwan pangan bersertifikat, yang menjabat sebagai kepala sekolah di ilmu pangan dan firma riset Corvus Blue LLC dan dosen senior di Universitas Johns Hopkins. 

 

Teh jahe dibuat dengan memasukkan jahe segar ke dalam air mendidih dan membiarkannya terendam, atau dengan mengaduk sesendok jahe yang diawetkan ke dalam air panas. “Merebus jahe segar mungkin memerlukan waktu 10 menit atau lebih dengan air mendidih untuk mendapatkan manfaat,” kata Monique Richard, ahli diet fungsional integratif yang memiliki praktik pribadi yang berbasis di Johnson City, Tennessee.

 

Apa Saja Manfaat Kesehatan dari Teh Jahe?

 

1. Sumber Vitamin dan Mineral

 

Menyeruput teh jahe secara teratur bisa menjadi cara yang bagus untuk memasukkan mineral dan vitamin penting ke dalam makanan Anda. Menurut Richard, jahe mengandung vitamin dan mineral antara lain vitamin C, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga, mangan, serat, dan air.

 

Vitamin dan mineral sangat penting untuk perkembangan dan fungsi normal tubuh. Vitamin C misalnya, membantu tubuh menyerap zat besi, menjaga kesehatan jaringan, dan menyembuhkan luka. Sedangkan vitamin B6 membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga fungsi otak. Magnesium terlibat dalam lebih dari 300 reaksi biokimia tubuh, seperti fungsi saraf dan otot.

BACA JUGA:Cobain Deh, Ini 4 Manfaat Kesehatan dari Makan Jahe Mentah

 

2. Sifat Anti-inflamasi

Studi menunjukkan bahwa beberapa komponen aktif dalam jahe dapat mengurangi peradangan, termasuk dengan menekan sitokin pro-inflamasi dan menurunkan regulasi induksi gen inflamasi.

 

3. Pengobatan Mual dan Muntah

Secara historis, jahe telah digunakan untuk membantu meringankan mual dan muntah, dan bukti ilmiah terkini mendukung kemanjuran jahe dalam hal ini.

 

4. Kesehatan Pencernaan

Jahe dapat memperbaiki kesehatan saluran pencernaan. Studi menemukan bahwa jahe memiliki efek positif pada jumlah waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mencerna makanan. Namun, perlu dicatat bahwa efek negatif jahe bagi sebagian orang dapat mencakup efek gastrointestinal, seperti kembung atau gangguan umum. 

 

5. Mengatasi Kram Menstruasi

Manfaat lain dari teh jahe adalah mengobati dismenore, atau nyeri yang terjadi saat menstruasi, menurut Richard. Faktanya, tinjauan bukti dari enam percobaan berbeda menemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan antara jahe dan NSAID, seperti aspirin atau ibuprofen, dalam mengobati nyeri haid, meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan. 

 

6. Potensi Manfaat Metabolik

Efek pemanasan jahe digunakan dalam produk-produk yang berhubungan dengan manajemen berat badan. Menurut sebuah penelitian, jahe dapat memoderasi obesitas melalui sejumlah mekanisme termasuk termogenesis, pengendalian nafsu makan, dan penghambatan penyerapan lemak usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: forbes