TNI Segera Miliki 42 Pesawat Tempur Rafale, Kontrak Ketiga 18 Unit Resmi Efektif

TNI Segera Miliki 42 Pesawat Tempur Rafale, Kontrak Ketiga 18 Unit Resmi Efektif

kontrak pesawat tempur Rafale tahap ketiga sejumlah 18 unit secara resmi telah efektif dan TNI AU akan memiliki 42 unit.-kemenhan RI-

JAKARTA, DISWAY. ID – Pada Selasa 8 Januari 2023, kontrak pesawat tempur Rafale tahap ketiga sejumlah 18 unit secara resmi telah efektif.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kemnhan dalam rilis di akun resminya dan dengan demikian TNI Angkatan Udara RI akan mempunyai 42 unit Rafale.

Sebelumnya Kemhan RI telah mengefektifkan kontrak pengadaan tahap pertama dengan Dassault Aviation yang merupakan produsen pesawat terbang terkemuka dari Prancis, pada bulan September 2022 sejumlah 6 unit.

BACA JUGA:Anies Baswedan Dianggap Menghina Prabowo Subianto Dalam Debat Capres, PHPB Layangkan Laporan ke Bawaslu RI

BACA JUGA:PT TMI yang Disebut Kelola Rp 1.760 Triliun Pembelian Alutsista Dikuliti Netizen, Connie Rahakundini: Masa Saya Disuruh Bohong

Sedangkan tahap ketiga pada bulan Agustus 2023 sejumlah 18 unit dan saat ini telah resmi efektif.

Menurut Kemenhan dengan efektifnya kontrak tahap ketiga ini, maka Dassault Aviation selaku produsen akan langsung memulai proses pembuatan 18 unit tambahan pesawat tempur Rafale generasi 4.5 tersebut guna melengkapi total pengadaan 42 unit pesawat untuk Pemerintah Indonesia.

Rafale merupakan pesawat tempur canggih generasi 4.5 yang menjadi salah satu pesawat andalan negara – negara anggota NATO. 

BACA JUGA:Data Tidak Ditemukan saat Registrasi Akun SNPMB 2024, Ini Solusinya

BACA JUGA:Curhat Mantan Istri Pejabat Polri ke Kapolri, Singgung Nama Melly Goeslaw Atas Perselingkuhan dengan Suaminya

Saat ini Rafale termasuk dalam kategori pesawat omnirole sehingga mampu melakukan berbagai jenis misi mulai dari superioritas udara dan pertahanan udara, dukungan udara jarak dekat, serangan in-depth, pengintaian udara dan serangan anti-kapal.

Adapun kelebihan Rafale lainnya adalah kompatibilitasnya dengan berbagai macam persenjataan seperti rudal udara-ke-udara jarak jauh Beyond Visual Range (BVR) METEOR dan MICA. 

Tidak hanya itu, berbagai jenis persenjataan lain juga bisa dipasang pada pesawat tempur Rafale seperti rudal stand-off jarak jauh SCALP dan rudal anti-kapal AM39 EXOCET.

BACA JUGA:Namanya Jadi Trending, Melly Goeslaw Tetap Sibuk Dukung Prabowo Subianto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: