Lisa Rumbewas Punya Riwayat Epilepsi Sebelum Tutup Usia, Komite Olimpiade Indonesia Kehilangan Pahlawan Olahraga Indonesia

Lisa Rumbewas Punya Riwayat Epilepsi Sebelum Tutup Usia, Komite Olimpiade Indonesia Kehilangan Pahlawan Olahraga Indonesia

Legenda atlet angkat besi putri asal Papua Lisa Rumbewas saat meraih medali perak di Olimpiade 2004 Athena Yunani-Getty Images-

Raja menambahkan, hingga kini, Lisa Rumbewas merupakan satu-satunya atlet angkat besi putri yang menorehkan prestasi gemilang di ajang olimpiade tiga kali berturut-turut. Ia berharap, prestasi Lisa bisa menjadi inspirasi atlet lain untuk menorehkan prestasi gemilang di masa depan. 

"Hingga saat ini, Lisa adalah satu-satunya atlet putri yang memiliki tiga medali di Olimpiade. Apa yang dia lakukan semoga menjadi inspirasi bagi atlet-atlet muda kita untuk mencapai prestasi tertinggi di kancah dunia," tuturnya.

Sementara itu, Ida, ibunda Lisa Rumbewas yang juga sosok berpengaruh bagi lifter perintis angkat besi di Papua, mengatakan putrinya memiliki riwayat penyakit epilepsi. Bahkan epilepsinya sempat kambuh pada 6 Januari.

BACA JUGA:Menang di Debut UFC, Jeka Saragih Dapat Apresiasi Menpora, 'Prestasi Ini Jadi Inspirasi Atlet MMA Indonesia'

BACA JUGA:Bikin Bangga! Borong 6 Medali Emas, 2 Atlet Angkat Besi Indonesia Disambut Langsung KONI Pusat

"Kebetulan saat itu obatnya habis, ketika kambuh di malam hari dia di kamar. Ia terjatuh, tak sadar, dan keningnya sudah berdarah," kata Ida.

"Kami bawa ke Rumah Sakit Provita. Tiga hari dirawat di sana, kami dirujuk ke RSUD Jayapura di Senin siang, hingga anak kami menghembuskan napas terakhirnya dini hari tadi," tuturnya.

Berdasarkan kesaksiannya, Ida  menyebut Lisa sempat mengalami kejang yang cukup parah. Tim dokter juga berupaya memberikan obat anti-kejang dan beberapa obat lainnya.

BACA JUGA:Indonesia Tutup Asian Games Hangzhou di Posisi 13, Menpora: 'Kita Evaluasi Menuju Olimpiade 2024 Paris'

BACA JUGA:Final Sepak Bola Asian Games 2022: Korea Selatan Sabet Emas Ketiga Beruntun Usai Menang 2-1 dari Jepang

"Ketika di rumah sakit katanya juga ada infeksi paru-paru dan kadar albumin juga sempat turun," terang Ida.

Saat ini, jenazah Lisa Rumbewas masih disemayamkan pihak keluarga. Untuk lokasi pemakaman, pihak keluarga masih berupaya mencari tempat peristirahatan terakhir untuk lifter putri terbaik Indonesia. 

Rencananya, legenda atlet angkat besi itu akan dikebumikan di Jayapura, Senin 15 Januari 2024 besok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: