Jokowi Peletakan Batu Pertama Masjid Negara di IKN, Kapasitas 61 Ribu Jamaah

Jokowi Peletakan Batu Pertama Masjid Negara di IKN, Kapasitas 61 Ribu Jamaah

Presiden Joko Widodo dalam peletakan batu pertama pembangunan Masjid Negara di IKN, Kalimantan Timur, Rabu 17 Januari 2024.-kemenag RI-

IKN, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan gedung dan kawasan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Rabu 17 Januari 2024.

Hadir dalam peletakan batu pertama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto.

Turut hadir PJ Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik dan Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Timur Abdul Khaliq.

BACA JUGA:Jokowi Sapa Masyarakat Indonesia Lewat Siaran Perdana RRI di IKN

Masjid Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) tersebut akan menelan anggaran senilai Rp940 miliar dengan kapasitas bisa menampung 61 ribu orang jamaah.

"Nilai konstruksinya sebesar Rp940 miliar. Memang sangat besar sekali masjid ini nanti dan masjid ini juga dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lanskap, utilitas kawasan, tentu saja jalan dan jembatan," kata Jokowi di IKN.

Jokowi berharap masjid negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT.

"Tempat yang nyaman bagi umat Muslim melakukan berbagai aktivitas keagamaan," ujarnya.

Di kawasan itu juga akan didirikan gereja katedral, wihara, pura, dan klenteng.

BACA JUGA:Pelaksanaan Peringatan HUT ke-79 RI di IKN Mulai Disiapkan Pihak Istana

"Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara," ucap Jokowi.

Bentuk Masjid Negara terinspirasi dari lekuk dan putaran sorban yang identik dengan umat Islam. Bangunan masjid ini juga memiliki menara dengan ketinggian 99 meter, sesuai jumlah Asmaul Husna.

"Di sekeliling masjid ini akan dikelilingi dengan air yang membuat masjid ini sangat indah dilihat dari luar, juga interior masjid yang membuat indah dilihat dari dalam," terang Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menargetkan pembangunan gedung dan kawasan Masjid Negara akan diselesaikan sekitar 400 hari kalender.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: