Ini Persiapan BNPT Untuk Antisipasi Ancaman Terorisme di Jakarta selama Pemilu 2024

Ini Persiapan BNPT Untuk Antisipasi Ancaman Terorisme di Jakarta selama Pemilu 2024

Ini Persiapan BNPT Untuk Antisipasi Ancaman Terorisme di Jakarta selama Pemilu 2024-Humas BNPT-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Sosialisasi dan Pra Audit Standar Miminum Pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta, Rabu 24 Januari 2024.

Hal ini untuk mempersiapkan antisipasi ancaman terorisme selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

BACA JUGA:BNPT: Waspada Bahaya Ideologi Kekerasan untuk Keutuhan NKRI

"Kami berharap melalui sosialisasi dan audit pengamanan ini, kejadian terorisme dapat diantisipasi sehingga proses pemilu dapat berjalan dengan lancar dan aman terutama di lingkungan kantor KPU Provinsi DKI Jakarta," ujar Kasubdit Pengamanan Lingkungan BNPT RI, Kolonel Laut (H) Setyo Pranowo, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu 24 Januari 2024.

Menurut Setyo, kegiatan itu merupakan implementasi Undang-Undang (UU) No 5 Tahun 2018 dan Perban BNPT No 3 Tahun 2020, yang mengamanatkan BNPT untuk melaksanan pelindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik termasuk dalam pencegahan tindak pidana terorisme.

BACA JUGA:BNPT: Indonesia Aman dari Serangan Teroris di Tahun 2023

Kantor KPU sendiri masuk ke dalam kategori fasilitas publik yaitu pada bidang pelayanan publik. 

"BNPT RI ditugaskan melakukan pelindungan sarana prasarana objek vital yang strategis dan fasilitas publik dalam pencegahan tindak pidana terorisme," jelasnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jakarta, Wahyu Dinata, menyatakan dukungannya pada kegiatan sosialisasi dan pra audit keamanan yang dilakukan BNPT di kantornya.

KPU Provinsi DKI Jakarta dipastikan akan mengikuti hasil rekomendasi pra audit pengamanan dari BNPT jika mungkin ditemukan adanya anjuran untuk perbaikan dan penyempurnaan dalam sistem pengamanan demi keamanan dan kelancaran pemilu 2024

BACA JUGA:BNPT Akan Pantau Kegiatan Tempat Ibadah Tanah Air: Siapa yang Bicara dan Kontennya Harus Dikontrol Negara

"Rekomendasi BNPT misalnya ada celah-celah di pengamanan kami, tentu saja kami akan mengikuti karena prinsipnya kan ini bagian menjaga dari hal-hal yang tidak dinginkan khususnya terkait ancaman terorisme. Semoga Pemilu tahun 2024 berjalan dengan aman dan lancar," pungkas Wahyu Dinata. 

Sebelumnya BNPT telah melakukan Pra Audit Standar Minimum Pengamanan di KPU Pusat pada 10 dan 11 Januari 2024 serta di Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Pusat di Jakarta pada 15 dan 16 Januari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: