Dukung Produktivitas, Dompet Dhuafa Jawa Timur Berikan Bantuan Kredit ke 11 Peternak Lebah Madu di Banyuwangi

Dukung Produktivitas, Dompet Dhuafa Jawa Timur Berikan Bantuan Kredit ke 11 Peternak Lebah Madu di Banyuwangi

Dompet Dhuafa Jawa Timur memberikan bantuan dana pinjaman tanpa bunga kepada 11 Peternak Lebah Madu di Banyuwangi-Dok. Dompet Dhuafa Jawa Timur -

BANYUWANGI, DISWAY.ID - Dompet Dhuafa Jawa Timur memberikan bantuan berupa dana pinjaman kebaikan kepada 11 peternak lebah madu di Desa Alasbuluh, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten BANYUWANGI

Para Peternak itu berasal dari Banyuwangi dan Pasuruan mendapatkan bantuan pinjaman untuk peningkatan produktivitas pada Kamis 25 Januari 2024. 

BACA JUGA:Serapan Penyaluran Bantuan Dompet Dhuafa 2023 Tembus 99.58 Persen

BACA JUGA:Dompet Dhuafa Gandeng Indonesian Humanitarian Alliance Salurkan Bantuan ke Penyintas Palestina di Berbagai Rumah Sakit

Tantangan utama bagi para peternak adalah masa paceklik, di mana lebah tidak produktif dalam memproduksi madu karena kondisi musim dan cuaca yang tidak mendukung. Perubahan cuaca itu terjadi terutama dari bulan Desember hingga Mei. 

Hal ini mengakibatkan ketidakproduktifan lebah dan kesulitan finansial bagi peternak, yang sering kali harus meminjam uang dengan bunga tinggi dari bank atau rentenir.

Koordinator Program Pemberdayaan, Mei Saiful Rohman mengatakan, program ini disambut baii peternak di tengah ancaman iklim yang tak menentu. 

“Bahwa program ini diharapkan dapat meningkatkan stabilitas finansial para peternak dan memperkuat komoditas madu sebagai konsumsi utama masyarakat,” kata Mei Saiful dalam keterangan yang diterima Disway.id, Jumat 26 Januari 2024.

BACA JUGA:Alhamdulillah, Dompet Dhuafa-IHA Kirimkan 176 Ton Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Melalui Gerbang Rafah

BACA JUGA:Beri Harapan di Antara Perjuangan, Bersama Kami. Dompet Dhuafa Berdiri untuk Palestina

Seorang peternak madu, Pulung (42), menyampaikan bahwa pada musim madu (panen) segalanya maju dan berkembang. Tetapi pada masa paceklik, kebutuhan makanan menjadi prioritas. 

Dompet Dhuafa Jawa Timur hadir untuk memberikan solusi alternatif dengan bantuan pinjaman kebaikan tanpa bunga, yang diharapkan dapat membantu peternak dalam pengembangan usahanya.

Arrisa Fauziarachman, selaku Lokal Leader Program Dompet Dhuafa Jawa Timur, menyampaikan bahwa adanya program ini atau dengan skema pinjaman kebaikan ini. 

“Tentunya bermanfaat bagi para peternak. pinjaman kebaikan yang diberikan berupa pinjaman tanpa bunga. Sehingg pinjaman ini tentunya tidak memberatkan para peternak, ” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: