Mengoptimalkan Potensi Cuan UKM di Tahun Naga Kayu dengan Pemberdayaan Social Commerce melalui Survey Suara UKM Negeri vol 4

Mengoptimalkan Potensi Cuan UKM di Tahun Naga Kayu dengan Pemberdayaan Social Commerce melalui Survey Suara UKM Negeri vol 4

Mengoptimalkan potensi cuan UKM di tahun Naga Kayu-Dok. Ninja Xpress-Dok. Ninja Xpress

BACA JUGA:Layanan Baru Ninja Xpress 2024, B2B Hingga Pembangunan Gudang

BACA JUGA:TikTok Shop Kembali, Ini Tips Menggali Potensi Cuan dengan Pendekatan Data-Driven Decision Making ala Yosef Abas & Ninja Xpress

Social commerce memiliki peran krusial dalam pemberdayaan UKM, sebagaimana terungkap dalam hasil survei Suara UKM Negeri Vol.4 kepada 600 UKM di Indonesia tentang seluk beluk Social commerce di Indonesia dan menemukan 3 hal bagaimana memaksimalkan social-commerce agar dapat membantu meningkatkan bisnis mereka:

1. Membangun Bank Konten dengan strategi 3R

Dengan memanfaatkan strategi “Reduce, Reuse, dan Recycle” dapat membantu menekankan efisiensi dalam pengelolaan konten. 

Reduce fokus pada penghematan waktu dengan mengurangi pembuatan konten baru.

Reuse memanfaatkan kembali konten yang sudah ada, sementara Recycle mengoptimalkan konten pengguna untuk meningkatkan keterlibatan di berbagai aspek bisnis. 

Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kontennya secara efisien, mencapai tujuan pemasaran, dan memperkuat koneksi dengan audiens.

2. Membangun Keterlibatan Komunitas

Dengan memanfaatkan fitur interaktif dari platform social commerce untuk mendorong partisipasi komunitas melalui berbagi pengetahuan, jajak pendapat, kontes, hingga hadiah eksklusif.

Membangun komunitas tidak hanya meningkatkan loyalitas suatu brand tetapi juga memberikan platform untuk membangun hubungan yang luas dengan pelanggan.

BACA JUGA:8 Tahun Ninja Xpress, Kuatkan Komitmen Mendukung UKM Indonesia

BACA JUGA:Ini Dia 5 Shio Paling Cuan dan Hoki di Tahun Naga Kayu

3. Membangun Brand.com atau Situs Web Penjualan Mandiri

Dengan membangun brand.com atau situs web penjualan secara mandiri, pendekatan ini membuka peluang dalam mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness, serta meningkatkan peringkat kata kunci Google dan optimasi mesin pencari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: