Minyak Ikan Bisa Berbahaya Jika DIkonsumsi Berlebihan? Begini Faktanya

Minyak Ikan Bisa Berbahaya Jika DIkonsumsi Berlebihan? Begini Faktanya

Minyak Ikan Bisa Berbahaya Jika DIkonsumsi Berlebihan?- ededchechine-Freepik

JAKARTA, DISWAY.ID - Suplemen minyak ikan sangat populer karena biasanya dikonsumsi dengan berbagai alasan: baik untuk jantung, menurunkan lemak dalam darah (yang oleh dokter disebut trigliserida), dan dapat membantu mengatasi peradangan dan nyeri sendi akibat kondisi seperti rheumatoid arthritis.

Minyak ikan kaya akan asam lemak omega-3, yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

Namun apa jadinya jika Anda mengonsumsi terlalu banyak minyak ikan? Ternyata, itu bukanlah cerita yang berakhir bahagia.

Berikut ini adalah efek samping yang jarang diketahui jika Anda mengonsumsi minyak ikan atau asam lemak omega-3 secara berlebihan.

BACA JUGA:6 Manfaat Penting Minyak Ikan Menurut Penelitian, Nomor 5 Paling Berpengaruh

Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut 5 dampak kesehatan akibat konsumsi minyak ikan yang tinggi.

1.) Gula Darah Tinggi

Beberapa orang pintar yang berjas lab telah menemukan bahwa jika Anda membuang kembali banyak omega-3, Anda mungkin akan mengalami gula darah yang lebih tinggi, terutama jika Anda menderita diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 mengalami lonjakan gula darah sebesar 22 persen ketika mereka mengonsumsi 8 gram omega-3 setiap hari selama dua bulan.

Omega-3 dalam dosis besar mungkin mendorong tubuh Anda memproduksi lebih banyak gula, yang dapat menyebabkan gula darah tinggi dalam jangka panjang.

Tapi tunggu dulu, karena penelitian lain mengatakan hal itu mungkin hanya terjadi pada dosis yang sangat tinggi, jadi ini bukan gambaran keseluruhan.

BACA JUGA:4 Merek Minyak Ikan Terbaik untuk Si Kecil, Bunda Harus Tahu

2.) Pendarahan

Mendapatkan lebih banyak minyak ikan dari yang Anda butuhkan mungkin membuat Anda mengalami lebih banyak pendarahan. Akibatnya, banyak orang yang mengalami pendarahan gusi dan mimisan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: