Badan Pangan Nasional Tepis Isu Stok Beras Kurang, Jamin Harga Gabah Segera Turun

Badan Pangan Nasional Tepis Isu Stok Beras Kurang, Jamin Harga Gabah Segera Turun

Badan Pangan Nasional-Menjamin stok beras aman-Bianca Chairunisa

Arief menyebutkan arahan Presiden Jokowi kepada pihaknya adalah terwujudnya keseimbangan dan harga yang baik dan wajar mulai dari hulu sampai hilir. 

Untuk itu, ia berkomitmen saat panen padi mengalami eskalasi, baik harga di hulu dan hilir bisa terkoreksi kembali menemui keseimbangan yang baik dan wajar.

“Angka di hulu itu setelah HPP (Harga Pokok Produksi) dan harus ada margin. Sementara di hilir, perlu ada kombinasi dan ini harus diseimbangkan," tuturnya.

"Saya ulangi sekali lagi ya, kalau nanti ada isu bahwa harga anjlok karena panen, tapi angkanya itu tetap harus di atas HPP plus margin yang dimiliki oleh petani. Ini yang harus terus dijaga," jelas Arief.

BACA JUGA:BPS Catat Harga Beras Mulai Turun, Cabai Rawit Naik Tinggi

Seperti diketahui saat ini masyarakat mengeluhkan harga beras yang masih tinggi. Per liternya bervariasi dari Rp15.000 per liter hingga Rp18.000 per liter tergantung jenis dan lokasinya. 

Pemerintah sudah berusaha mengintervensi harga dengan menggelontorkan beras Bulog SPHP di pasaran, namun masih belum merata di sejumlah ritel menurut pantauan Disway selama beberapa hari terakhir. 

(Bianca Chairunisa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: