Waduh! Buka Puasa Makan Gorengan Bikin Asam Lambung Kambuh, Ini Kata Ahli

Waduh! Buka Puasa Makan Gorengan Bikin Asam Lambung Kambuh, Ini Kata Ahli

Gorengan-Salah satu faktor pemicu kenaikan berat badan selama puasa-Unair

Hal ini dikarenakan makanan berlemak termasuk makanan yang paling lama dicerna, hal inilah yang menyebabkan gangguan pencernaan. 

Batasi Makanan Manis

Kedua, minimalkan makanan yang terlalu manis, yang manis boleh saja namun jangan terlalu banyak karena akan cepat meningkatkan kadar gula dan hal ini tidak baik terutama bagi penderita diabetes. 

Hindari Soda

Langkah selanjutnya adalah menghindari minuman bersoda karena akan menimbulkan banyak gas.

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi juga sebaiknya dihindari.

Bagi orang yang memiliki lambung sensitif akan mengakibatkan produksi asam lambung menjadi banyak dan menimbulkan keluhan sakit perut. 

BACA JUGA:Selasa Puasa, Ini 25 Link Twibbon Ramadhan 2024, Gratis!

Awas Es!

Terakhir, jangan mengonsumsi minuman dingin saat berbuka karena perut akan terkejut dengan perubahan suhu yang drastis.

Makanan saat Sahur

dr. Annta mengatakan, saat sahur harus mengonsumsi makanan yang lebih sehat dan makan sahur meski porsinya tidak banyak karena sahur merupakan salah satu sumber tubuh untuk tetap bekerja dalam satu hari. Jika tidak makan sahur tentu akan mengganggu metabolisme tubuh.

Makanan sahur harus mengandung sumber serat dan dapat ditambahkan segelas susu sebagai sumber protein, alangkah baiknya tetap mengonsumsi porsi lengkap baik karbohidrat, sayur, maupun lauk pauk.

“Bagi yang pernah mengalami sakit maag sebaiknya lebih berhati-hati saat berpuasa, pemilihan makanan harus diperhatikan dan harus menghindari makanan yang terlalu pedas atau asam. Tipsnya adalah dengan membagi makanan menjadi porsi kecil, terutama saat berbuka puasa, tidak makan dalam porsi besar sekaligus, dan tidak terlalu banyak makan gorengan,” katanya. 

BACA JUGA:Pedagang Bunga Dadakan di TPU Pondok Rajeg Raih Omset Tinggi, Menjelang Puasa Ramadan 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: