Selandia Baru Menyita Kotak Hitam Boeing 787 LATAM Airlines, Imbas Pesawat ‘Terjun Bebas’ di Tengah Penerbangan

Selandia Baru Menyita Kotak Hitam Boeing 787 LATAM Airlines, Imbas Pesawat ‘Terjun Bebas’ di Tengah Penerbangan

Selandia Baru Menyita Kotak Hitam Boeing 787 LATAM Airlines,-Screenshoot/YouTube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pihak berwenang Selandia Baru menyita kotak hitam pesawat Boeing 787 LATAM Airlines, terkait pesawat terjun bebas di tengah penerbangan dari Sydney (Australia) menuju Auckland (Selandia Baru) pada hari Senin sore, 11 Maret 2024.

Kejadian ini membuat itu penumpang berjumlah 278 orang, terdiri dari 263 penumpang dan sembilan awak, terlempar dari tempat duduknya, dan terjerumus menuju lorong pesawat.

Menurut maskapai penerbangan dan organisasi layanan kesehatan Selandia Baru, sedikitnya 50 orang terluka dalam insiden tersebut.

BACA JUGA:Pesawat Boeing 787 Milik LATAM Airlines 'Terjun Bebas', 263 Penumpang dan 9 Awak Terlempar dari Kursi

BACA JUGA:2 Ribu Petugas Kesehatan Jalani Ramadan Tanpa Sahur dan Buka di Jalur Gaza

Dalam pernyataan di situsnya, Komisi Investigasi Kecelakaan Transportasi (TAIC) Selandia Baru mengatakan regulator penerbangan Chile, Dirección General de Aeronáutica Civil (DGAC), telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut.

Pernyataan itu menambahkan bahwa regulator telah meminta bantuan TAIC dalam penyelidikan.

Badan tersebut mengatakan bahwa mereka telah mulai mengumpulkan bukti untuk penyelidikan dan juga menyita perekam suara kokpit pesawat dan perekam data penerbangan yang biasa disebut kotak hitam.

Meskipun pesawat yang terlibat dalam insiden tersebut terbang dari Sydney ke Auckland, pesawat tersebut dioperasikan oleh LATAM Airlines yang berbasis di Chili.

Dalam pernyataannya tentang X, DGAC mengatakan akan menunjuk perwakilan terakreditasi di Selandia Baru untuk berpartisipasi dalam penyelidikan dengan TAIC.

BACA JUGA:Terkuak, Lion Air Berpenumpang Jemaah Umrah yang Mendarat di Kualanamu Karena NOTAM Uji Coba Misil di Teluk Benggala

BACA JUGA:Perdana Menteri Haiti Mengundurkan Diri, Geng Bersenjata Kuasai Ibu Kota

Lebih dari 50 orang, termasuk penumpang dan awak pesawat mengalami cedera dalam penerbangan LATAM Airlines Boeing 787-9 dari Sydney ke Auckland pada hari Senin.

Saat itu ketinggian pesawat tiba-tiba turun di tengah penerbangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: