Percepat Inovasi, Gus Halim Optimistis Kualitas SDM Desa Terus Meningkat

Percepat Inovasi, Gus Halim Optimistis Kualitas SDM Desa Terus Meningkat

Rapat Kerja Teknis Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendes PDTT dipimpin langsung Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar di Bogor, Selasa 19 Maret 2024-Dok. Kemendes PDTT-

BOGOR, DISWAY.ID - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengingatkan kembali Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi desa.

Untuk itu, Gus Halim mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memanfaatkan dana desa.

BACA JUGA: Kemendes Gelar Munggahan Bersama Ustaz Das'ad Latif Jelang Ramadhan, Gus Halim: Momentum Memperbaiki Diri Seluruh Pegawai

BACA JUGA: Gus Halim Minta Penyerapan Anggaran Dilaksanakan di Awal Tahun

Penegasan itu disampaikan menteri yang akrab disapa Gus Halim saat membuka Rapat Kerja Teknis Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes PDTT di Bogor pada Selasa 19 Maret 2024. 

Gus Halim menyatakan, BPSDM Kementerian Desa PDTT menjalankan salah satu tugas utama dalam meningkatkan kualitas SDM di desa. 

Oleh karena itu, dalam Rakertek ini BPSDM harus berhasil merumuskan perbaikan teknis birokrasi internal. 

Namun, tidak boleh melupakan fungsi eskternal untuk meningkatkan SDM di desa.

BACA JUGA: Mendes PDTT Gus Halim Dukung Peran Aktif Masyarakat: Jangan Halangi Partisipasi Warga dalam Pembangunan Desa

BACA JUGA: BUMDesa Ekspor Anggrek, Gus Halim: Bukti Eksistensi Ekonomi Desa Menguat

“BPSDM Kemendes PDTT punya dua sasaran yang strategis, yakni di internal harus dikuatkan dan eksternalnya juga harus ikut menjadi kuat. Jangan sampai BPSDM tidak berdaya. Bagaimana memberdayakan eksternal kalau di internal saja tidak berdaya,” kata Profesor Kehormatan UNESA ini.

Gus Halim memaparkan, terdapat sejumlah isu stratregis yang untuk meningkatkan kapasitas SDM di internal kementerian.

Di antaranya yakni penguatan tenaga pendamping profesional dari sisi kapasitas teknis dan sertifikasi, pendayagunaan balai sebagai kantor kedua Kemendes PDTT di daerah. 

Selanjutnya kompilasi informasi, pelatihan rutin, sertifikasi Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) dan proses integrasi kenaikan pangkat PSM dengan BKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: