Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2024, Polisi Siagakan 3.500 Personel di KPU, Bawaslu, DPR

Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2024, Polisi Siagakan 3.500 Personel di KPU, Bawaslu, DPR

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo di Kantor KPU, Jakarta Pusat.-Disway/Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Polisi menyiapkan 3.500 personel keamanan menjelang penetapan hasil Pemilu 2024 yang ditempatkan di tiga titik, yaitu KPU, Bawaslu, dan DPR.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolres  Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo saat ditemui media di Halaman Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Dua Kadernya Dipanggil Jokowi ke Istana Jelang Pengumuman Hasil Pemilu, Sekjen PKB Yakin Hak Angket Jalan Terus

"Kodam jaya juga dari Korbrimob polri untuk satgas pusat menyiagakan 3.500 personil untuk melakukan pengamanan pada objek KPU, Bawaslu dan juga di DPR," ujar Kombes Pol Susatyo kepada awak media.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa nantinya akan ada dari berbagai elemen masyarakat mendatangi ketiga titik tersebut. Oleh karena itu, pihaknya telah menyiapkan pola-pola keamanan agar tidak terjadi keributan selama aksi unjuk rasa tersebut.

"Nanti akan ada beberapa elemen masyarakat menyampaikan aspirasinya baik dengan tema terkait yang pro atau pun kontra sehingga kami menyiagakan pola-pola keamanan tentunya agar elemen masyarakat ini tidak gesekan dan juga bisa berjalan aman dan lancar sampai dengan nanti menjelang buka puasa," jelasnya.

BACA JUGA:Rekapitulasi 2 Provinsi Usai, KPU Langsung Umumkan Hasil Pemilu 2024 Hari Ini

Sedangkan untuk arus lalu lintasnya sendiri, Kombes Pol Susatyo mengatakan bahwa arus jalan yang berada di depan kantor KPU sudah disterilisasikan sejak dua hari lalu.

Namun, jika masa aksi yang datang terus bertambah, maka akan ada perubahan arus lalu lintas.

"Apabila nanti sudah banyak masa, kita akan lakukan pengalihan arus lalin agar kegiatan unjuk rasa bisa berjalan dengan aman dan tidak sampe membahayakan para pengguna jalan," imbuhnya.

Diketahui, KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 tingkat nasional hari ini, Rabu, 20 Maret 2024.

BACA JUGA:KPU Akan Hapus Metode Pos untuk Pemilu Luar Negeri,Hasyim Asyari: Bikin Banyak Masalah!

Namun, pengumuman tersebut baru akan dilakukan setelah pihaknya menuntaskan rekapitulasi dari dua provinsi, yaitu Papua dan Papua Pegunungan. 

"Jadi Insya Allah kita lanjutkan untuk rekapitulasi hasil perolehan suara untuk Papua dan Papua Pegunungan," ujar Hasyim Asy'ari kepada awak media.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: