Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Mobox untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN

Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Mobox untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN

Kementerian PUPR Gunakan Teknologi Mobox Untuk Hunian Pekerja Konstruksi IKN-dok. Komunikasi Publik Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR-

JAKARTA,DISWAY.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggunakan inovasi teknologi modular volumetrik Mobile Box (Mobox), dari PT Adhi Karya dalam  membangun sejumlah infrastruktur untuk hunian di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Pemanfaatan teknologi Mobox yang berbentuk modular sangat sesuai untuk banyak tipe bangunan, serta menggunakan sistem knock down yang dapat memberikan efisiensi dalam proses konstruksi di lapangan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan teknologi Mobox yang digunakan tersebut dapat mempercepat Pembangunan hunian di IKN.

BACA JUGA:Tinjau Pasar Tambun, Mendag Bersyukur Harga Bapok Sudah Mulai Turun

BACA JUGA:Langgar Aturan Tertib Ukur, Mendag Zulkifli Hasan Segel Tiga Pompa Ukur BBM di SPBU Tol Jakarta-Cikampek

“ Kami terus berupaya menggunakan berbagai inovasi teknologi guna mempercepat pembangunan hunian di IKN," kata Iwan dalam keterangannya pada Minggu, 24 Maret 2024.

Iwan menambahkan, salah satunya dengan pemanfaatan teknologi modular volumetrik Mobile Box (Mobox) yang merupakan salah satu inovasi PT. Adhi Karya untuk  pembangunan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK).

Iwan berharap dengan teknologi Mobox dapat membantu pemerintah dalam upaya Pembangunan infrastruktur, seperti berbagai tipe bangunan untuk hunian misalnya temporary facilities.

Hunian camp pekerja yang memiliki desain dinamis, adaptif, efisien, ramah lingkungan dan lebih sedikit menggunakan tenaga kerja dalam proses pengerjaan instalasi di lapangan.

BACA JUGA:Kemenhub Larang Pemudik Bawa Motor Listrik Masuk Kapal Laut

BACA JUGA:Tingkatkan Kompetensi dan Daya Saing, Kemenaker Hadirkan Pelatihan Vokasi yang Berkualitas

Mobox juga telah teruji sebagai bangunan tahan gempa serta memiliki kualitas baik dan mudah dalam proses pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia serta mudah dibongkar pasang sehingga mudah dipindahkan serta dapat dibangun tanpa menggunakan alat berat.    

Iwan juga menjelaskan kelebihan Mobox ini, seperti teknologi modular volumetric Mobox plug and play ini sudah tercatat hak ciptanya di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tanggal 20 Juni 2022.

Serta diakui MURI atas rekor pembangunan kantor sistem modular box tanpa menggunakan alat berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: