Kemenhub Imbau Masyarakat Cek Kelaikan Bus Melalui Aplikasi Mitradarat Jelang Mudik 2024

Kemenhub Imbau Masyarakat Cek Kelaikan Bus Melalui Aplikasi Mitradarat Jelang Mudik 2024

Kemenhub imbau Masyarakat Cek Kelaikan Bus di Aplikasi Mitradarat Jelang Mudik 2024-(dok. Kehemhub - Ditjen Perhubungan Darat-

Apabila ditemukan kekurangan pada kendaraan bus dapat diperbaiki sebelum periode angkutan lebaran yang akan dimulai pada 3 April 2024. 

" Hingga kemarin Senin, 25 Maret pukul 10 pagi sedikitnya telah dilakukan pemeriksaan kelaikan pada 20.173 bus," ungkap Dirjen Hendro. 

BACA JUGA:Bareskrim: Tingkatan Kasus Dugaan Pemalsuan RUPSLB Bank Sumsel Babel ke Tahap Penyidikan

BACA JUGA:Hotman Paris Sebut Gugatan Kubu 01 dan 03 'Super Cengeng'

Berdasarkan data tersebut, sebanyak 13.752 armada diizinkan operasional, 3.661 armada mendapat peringatan perbaikan, dan sisanya dilarang operasional karena tidak memenuhi aspek keselamatan jalan. 

Seluruh rangkaian rampcheck dilaksanakan di tiap Terminal Tipe A, Terminal Tipe B, Terminal Tipe C dan Pool Bus Pariwisata oleh masing-masing instansti terkait sesuai dengan kewenangannya. 

" Kami imbau agar seluruh PO Bus baik AKAP maupun pariwisata agar seluruh armada memenuhi kelaikan sehingga dapat mengakomodir kebutuhan layanan pada angkutan lebaran," katanya. 

Masyarakat yang hendak menyewa bus pariwisata diimbau untuk memberikan tempat istirahat bagi pengemudi di area lokasi wisata. 

BACA JUGA:Hotman Paris Sebut Gugatan Kubu 01 dan 03 'Super Cengeng'

BACA JUGA:Simak! Langkah-langkah Memesan Tiket Bus PO Rosalia Indah untuk Mudik Secara Online, Cek Harga Tiketnya Juga

Apabila bermalam di area wisata atau tujuan, agar pengemudi dapat optimal pada saat mengendarai armada mengantar pengguna jasa keesokan harinya. 

" Kami akan terus mengawal, mengawasi, dan monitoring pelaksanaan rampcheck hingga angkutan lebaran dapat berlangsung selamat, aman, dan nyaman," tutupnya.

(Ayu Novita)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: