Pj Gubernur DKI Jakarta Salurkan Zakat Infaq Untuk Masyarakat

Pj Gubernur DKI Jakarta Salurkan Zakat Infaq Untuk Masyarakat

Pj Gubernur DKI Jakarta Salurkan Zakat Infaq Untuk Masyarakat-Pempriv DKI-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pejabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono beserta jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menunaikan kewajiban umat muslim yang ketiga (Zakat).

Penuaian dan penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) tersebut dikemas dalam acara bertema Ramadhan Memerdekakan: Merdekanya Mustahik, Berkahnya Muzaki.

BACA JUGA:PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Berpesan, Pemudik Jangan Pulkam Menggunakan Roda Dua

"Alhamdulillah, saya beserta jajaran Pemprov DKI Jakarta telah menjalankan kewajiban kami sebagai umat muslim untuk menunaikan zakat," ujar Heru Budi pada Selasa, 26 Maret 2024.

Heru Budi berharap dengan penunaian Zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS Provinsi DKI Jakarta, dana ZIS yang terkumpul dapat dikelola secara amanah. Sehingga dana yang terkumpul itu dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang membutuhkan serta mensejahterakan umat.

Diketahui, mereka menyalurkan ZIS melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) BAZIS Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat. Selain melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) penyaluran ZIS itu juga dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. 

BACA JUGA:Dukung Pj Gubernur Nyalon Pilgub Jakarta, Umar Kei Bentuk Relawan Sahabat Heru

Hal tersebut sesuai dengan instruksi Pj Gubernur kepada seluruh pejabat, Direktur Utama BUMD, dan pengusaha/stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta untuk membayar zakat melalui BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta.

Sementara itu, Ketua BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta, Akhmad H. Abubakar menambahkan, untuk mengajak para muzaki agar semakin yakin bahwa dengan berzakat bisa membantu kaum urban di perkotaan yang kurang mampu. 

Dan memberikan kesempatan untuk mereka bergerak maju memberdayakan diri dan merdeka dari jeratan kemiskinan.

BACA JUGA:Sekretariat Masjid Raya KH Hasyim Asyari Tunggu PJ Gubernur Jakarta Terbitkan SK DKM

"Kegiatan ini kami selenggarakan guna memfasilitasi penunaian dan penyaluran ZIS bagi jajaran ASN dan pengusaha/stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta," kata Akhmad H. Abubakar.

Dalam kesempatan yang sama, Akhmad Abubakar juga menyerahkan penghargaan kepada delapan Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta atas dedikasi dalam menghimpun dana ZIS.

Pada 2023, BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta berhasil mengumpulkan dana ZIS sebesar Rp 247.937.273.312 dan menyalurkan ZIS sebesar Rp 241.870.371.264, dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 3.035.154 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: