Bantuan Kesehatan untuk Palestina dan Sudan Siap Dikirim Oleh Pemerintah Indonesia

Bantuan Kesehatan untuk Palestina dan Sudan Siap Dikirim Oleh Pemerintah Indonesia

Persiapan pengiriman bantuan kemanusiaan oleh Palang Merah Palestina.--Said Khatib/AFP

JAKARTA, DISWAY.ID-- Pemerintah Indonesia telah menerima permintaan bantuan untuk Palestina dan Sudan. Permintaan lewat Pemerintah Mesir itu ditujukan untuk membantu penanganan kesehatan rakyat Palestina yang saat ini banyak mengungsi di Mesir.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai  melaksanakan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RTM) Membahas Bantuan Penanganan Darurat Kesehatan Palestina dan Sudan pada Selasa 26 Maret 2024.

BACA JUGA:Gus Iqdam Berikan Video Klarifikasi Soal Palestina Aman, Ada Pengakuan Tegas: Bukan Berarti Tak Ada Perang

"Pemerintah Republik Indonesia akan memberikan bantuan kepada Palestina dan Sudan yang nilainya masing-masing 1 juta USD," kata Menko Muhadjir.

Lanjutnya, permintaan dari Pemerintah Sudan ditujukan untuk membantu masalah krisis kesehatan masyarakat karena dampak konflik internal.

BACA JUGA:PBNU Pasang Badan, Benarkan Pernyataan Gus Iqdam Soal Palestina Aman: Ceritanya Memang Benar

Menko PMK Muhadjir mengatakan sumber pendanaan bantuan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dan Dana Kedaruratan melalui BNPB, yang selanjutnya akan disalurkan sesuai dengan apa yang diusulkan dari Kementerian Luar Negeri.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa dari pihak Palestina dan Sudan sudah menyampaikan daftar berbagai macam kebutuhan untuk penanganan krisis kesehatan.

BACA JUGA:70 Ribu Warga Palestina Laksanakan Salat Tarawih, Israel Pasang Pembatas di 3 Gerbang Menuju Masjid Al-Aqsa

Khusus bantuan ke Palestina akan menambahkan atau melengkapi dari bantuan-bantuan yang telah diberikan sebelumnya oleh pemerintah dan pihak swasta. 

Pemerintah Indonesia juga berencana memberikan bantuan melalui jalur udara yang diberikan untuk rakyat Gaza Utara.

"Jika ditotal bantuan sudah 4.400 ton yang semuanya diperuntukkan untuk Gaza," kata Menteri Retno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: