Ditinjau Menko Polhukam dan Kapolri, ASDP Pastikan Pelabuhan Merak Siap Dilintasi Pemudik

Ditinjau Menko Polhukam dan Kapolri, ASDP Pastikan Pelabuhan Merak Siap Dilintasi Pemudik

Menko Polhukam bersama Kapolri dan Panglima TNI tinjau persiapan Pelabuhan Merak dalam menghadapi arus mudik lebaran, Senin 1 April 2024.-Dok. ASDP-

MERAK, DISWAY.ID - Menkopolhukam Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau Pelabuhan Merak, Banten pada Senin 1 April 2024.

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan dan menjamin pengamanan selama pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

BACA JUGA:ASDP Catat Kenaikan Volume Kendaraan yang Menyeberang ke Pulau Sumatera Pada H-10 Lebaran

BACA JUGA:Beli Tiket ASDP Ferry untuk Mudik Kini Mudah dan Nyaman, Bisa Dipesan Lewat Tiket.com

Pelabuhan paling vital di lintas penyeberangan tersibuk Merak-Bakauheni diketahui menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera yang bakal dilintasi ratusan ribu pemudik.

Dalam tinjauannya ke Pelabuhan Merak kali ini, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto memastikan pos keamanan, pos layanan, dan pos terpadu telah disiapkan dengan baik di sepanjang jalur mudik menuju Merak.

“Dari kesiapan yang telah dilaksanakan ini akan menjamin keamanan para pemudik. Hari ini sudah dikoordinasikan dan diuji coba, semua sudah dalam kondisi baik,” kata Hadi di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin 1 April 2024.

BACA JUGA:Wajib Beli Tiket Online, ASDP Perkirakan Jumlah Penumpang Mudik Lebaran 2024 Bisa Mencapai 5,78 Orang

Hadi turut mengimbau agar pemudik memanfaatkan rest area dan fasilitas telah disediakan seperti layanan kesehatan, pusat informasi, dan hiburan. Hal ini agar pemudik bisa beristirahat sehingga dapat menurunkan tingkat lelah dan jenuh sehingga dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. 

“Insya Allah untuk mudik tahun 2024 ini bisa berjalan aman. Di lapangan juga ada pasukan gabungan dari TNI, Polri, ormas, dan Pramuka untuk membantu jaga kelancaran mudik,” ujar Hadi. 

Hadi juga menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo yang mengimbau masyarakat agar lakukan perjalanan mudik lebih awal sebagai antisipasi kepadatan kendaraan. Pesan itu disampaikan untuk menghindari penumpukan kendaraan saat mendekati hari H Lebaran.

“Saya minta kepada masyarakat apabila ingin melaksanakan mudik dengan lancar, 1 hari sebelum berangkat agar membeli tiket dan mengisi di aplikasi untuk manifest,” ujarnya.

BACA JUGA:Sempat Ditutup Akibat Cuaca Ekstrem, ASDP Imbau Pengguna Jasa Penyeberangan di Pelabuhan Merak Atur Waktu Perjalanan

Senada dengan hal ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo turut mengingatkan potensi kejadian darurat di lapangan saat arus mudik imbas lonjakan pemudik tahun ini yang diprediksi naik sebesar 15% bila mengacu dari realisasi Angkutan Lebaran tahun lalu. Dan pada Lebaran tahun ini, pergerakan masyarakat di Pulau Jawa, Sumatera dan Bali akan tetap menjadi perhatian utama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: