Takut Perang Regional Pecah, AS dan UE Larang Israel Serang Iran

Takut Perang Regional Pecah, AS dan UE Larang Israel Serang Iran

Takut Perang Regional Pecah, Amerika dan UE Larang Israel Serang Iran-Screenshot/X-

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengeluarkan pesan serupa ketika dia berbicara melalui telepon pada hari Selasa dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu

“ (Sunak) menekankan bahwa eskalasi yang signifikan bukanlah kepentingan siapa pun dan hanya akan memperdalam ketidakamanan di Timur Tengah. Ini adalah momen untuk menenangkan pikiran,” kata kantor Sunak dalam pembacaan seruan tersebut.

BACA JUGA:Ini Daftar Target Serangan Balasan Israel ke Iran, Bisa Picu Perang Dunia III

BACA JUGA:Dunia Bakal Alami Gerhana Matahari Total, Ini Prediksi Waktunya Tiba di Indonesia!

Israel berhasil mengatasi serangan tersebut berkat upaya gabungan dari koalisi militer regional yang baru dibentuk yang melibatkan IDF serta tentara Inggris, Prancis, Yordania, dan Amerika.

Para pemimpin negara-negara tersebut merasa bahwa mereka mempunyai kepentingan tertentu dalam keputusan yang diambil Israel.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan serangkaian percakapan diplomatik yang intens untuk menghindari eskalasi, kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan di Washington.

Blinken berbicara dengan Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar pada hari Selasa dan melanjutkan pembicaraan dengan anggota kabinet perang, kata Miller.

Blinken menyampaikan pesan yang sama dalam setiap pembicaraan bahwa AS tidak ingin melihat eskalasi konflik lebih lanjut. 

BACA JUGA:Pesawat Tempur Israel Siap Terbang Untuk Serangan Balasan, Iran: Rudal Kami Masih Banyak yang Belum Digunakan!

BACA JUGA:Serangan Iran Targetkan F-35 di Pangkalan Udara Nevatim, Landasan Pacu, Facilitas Penyimpanan Pesawat Rusak

Israel belum memberi tahu Departemen Luar Negeri mengenai rencana apa pun untuk menanggapi Iran, kata Miller. 

“ Kami sudah jelas bahwa kami berkomitmen terhadap pertahanan Israel, namun kami ingin melihat – seperti yang telah Anda dengar dari banyak anggota pemerintahan peningkatan konflik ini,” tegas Miller.

Departemen Luar Negeri sedang berupaya untuk memastikan “tanggapan diplomatik yang terkoordinasi” terhadap tindakan eskalasi yang diambil oleh Iran, kata Miller, sebagaimana dibuktikan oleh percakapan Blinken dan Biden dengan rekan-rekan G7. 

G7 diperkirakan akan bertemu pada hari Rabu dengan Presiden AS Joe Biden berpartisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: