Ada Uji Coba Starlink di IKN, Menkominfo dan Tony Blair Institute Diskusikan Kerjasama

Ada Uji Coba Starlink di IKN, Menkominfo dan Tony Blair Institute Diskusikan Kerjasama

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menjawab pertanyaan wartawan.-ist-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Budi Arie Setiadi dan Founder dan Executive Chairman Tony Blair Institute for Global Change (TBI), Tony Blair berdiskusi tentang kerjasama guna mendorong perkembangan teknologi di Indonesia. 

Pertemuan kedua belah pihak ini membahas terkait intensifikasi kerjasama guna mendorong perkembangan teknologi dan memperluas konektivitas di Indonesia. 

Diskusi ini berlangsung setelah Budi Arie mengindikasikan bahwa akan ada pelaksanaan uji coba internet Starlink di Ibu Kota yang baru Nusantara (IKN). 

BACA JUGA:Bentuk Investasi Apple di Indonesia Diungkap Luhut Binsar Pandjaitan: Akan Investasi IA di IKN

TBI memberikan dukungannya melalui penyediaan sejumlah perangkat Starlink yang nantinya akan terpasang di berbagai lokasi di Nusantara. 

Budi Arie pun mengapresiasi dukungan yang diberikan TBI terhadap penyediaan perangkat Starlink di IKN. 

Hal ini merupakan bagian dari komitmen yang lebih luas dari institusi untuk berkontribusi bagi Indonesia. 

"Kolaborasi strategis di sejumlah area yang bertujuan untuk mengoptimalkan teknologi dan akselerasi digital bisa mendorong Indonesia mencapai status negara berpendapatan tinggi di 2045. Dalam kaitan ini, kami menyambut baik dukungan dari TBI dalam penyediaan sumber daya esensial untuk pelaksanaan uji coba Starlink di Nusantara untuk mendekatkan disparitas digital dan menangani isu konektivitas," ucap Budi Arie kepada wartawan pada Jumat, 19 April 2024. 

BACA JUGA:Setiap ASN yang Sudah Menikah Dapat 1 Unit Apartemen di IKN, Menpan RB: Jomblo Sharing Dulu

Hal ini adalah langkah utama dalam menyediakan akses internet yang lebih luas di Indonesia yang merupakan sebuah negara kepulauan dengan 17 ribu pulau, di mana konektivitas bisa menjadi tantangan. 

"Dukungan kami pada uji coba di IKN merupakan bagian dari komitmen kami yang lebih luas untuk mewujudkan visi Indonesia sebagai bangsa digital yang maju," ujar Shuhaela Haqim, Country Director TBI Indonesia. 

"Ini juga selaras dengan agenda Pemerintah Indonesia untuk menjadikan Indonesia bangsa yang lebih tangguh, dengan mendorong akselerasi transformasi digital sebagai salah satu pilar kebijakan utama Indonesia saat ini," sambungnya. 

Dukungan dari TBI juga turut mencerminkan komitmen bersama untuk menerapkan solusi teknologi yang inovatif. Ini bertujuan untuk memanfaatkan penuh potensi digital Indonesia dan mempromosikan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan. 

BACA JUGA:Menkes Bertemu Elon Musk di Amerika, Starlink Pasok Akses Internet di Puskesmas Terpencil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: