Intip Fasilitas Nuklir Iran di Natanz, Jauh di Bawah Tanah Bikin Israel Selalu Gagal Menghancurkannya

Intip Fasilitas Nuklir Iran di Natanz, Jauh di Bawah Tanah Bikin Israel Selalu Gagal Menghancurkannya

Mantan presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi Natanz-AFP-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Fasilitas pengayaan uranium Natanz yang sangat rahasia di Iran merupakan fokus utama perhatian Barat di tengah kekhawatiran bahwa suatu hari nanti republik Islam tersebut akan mengembangkan senjata nuklir.

Bahkan situs bawah tanah Natanz berada di Isfahan dan telah berulang kali menjadi target serangan sabotase Israel di masa lalu.

BACA JUGA:Israel Serang Balik Iran, Gedung Putih: 'No Comment'

BACA JUGA:Mengenal Profil Ali Khamenei, Pemimpin Iran yang Disebut Sebagai Keturunan Nabi

Pada serangan Israel kemarin, Iran menembakkan baterai pertahanan udara pada Jumat pagi di sekitar pangkalan udara utama dan situs nuklir dekat Isfahan setelah drone terlihat. 

Dilansir dari laman Express, Kepala pengawas atom PBB, Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional Rafael Mariano Grossi, mengatakan tidak ada kerusakan di fasilitas nuklir Isfahan setelah serangan pesawat tak berawak di pangkalan udara utama dekat kota Iran.

Fasilitas Isfahan tersebut mengoperasikan tiga reaktor riset kecil yang dipasok Tiongkok dan menangani produksi bahan bakar serta aktivitas lain untuk program nuklir sipil Iran. Itu terpisah dari situs bawah tanah Natanz.

BACA JUGA:Iran Bersiap Gunakan Nuklir, Ubah Strategi Hadapi Israel

BACA JUGA:Kocak! Aksi Bom Bunuh Diri Kedutaan Iran di Paris Gagal, Pelaku Lupa Bawa Bomnya

Sementara itu, Organisasi nirlaba, Nuclear Threat Initiative, mengatakan fasilitas Natanz terdiri dari tiga bangunan bawah tanah, dua di antaranya dirancang untuk menampung 50.000 sentrifugal.

Situs Natanz telah menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara Barat selama bertahun-tahun. Ia mengalami pemadaman listrik pada bulan April 2021 yang oleh Iran disalahkan atas sabotase yang dilakukan Israel .

Laporan Institute for Science and International Security mengungkapkan bahwa pada Oktober 2022, Teheran telah memasang 4.000 sentrifugal canggih di seluruh fasilitas pengayaannya – meningkat 44 persen dari akhir Agustus.


Tampak luar fasilitas nuklir Iran di Natanz-AFP-

Sentrifugal adalah mesin silinder yang memutar gas uranium dengan kecepatan tinggi untuk menghasilkan bahan bakar baik untuk reaktor nuklir atau senjata dalam proses yang disebut pengayaan uranium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: