Lebih dari 2,1 Juta Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024

Lebih dari 2,1 Juta Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024

Lebih dari 2,1 Juta Kendaraan Lewat Tol Trans Sumatera Selama Lebaran 2024-Dok. Hutama Karya -

Dari sisi transaksi, Hutama Karya menerapkan sistem holding kendaraan di rest area untuk mengurai antrean, melakukan pembatasan kendaraan golongan III yang masuk ke gerbang tol.

Serta melakukan penambahan alat mobile reader dan top-up asongan guna mempercepat transaksi di gerbang tol. 

BACA JUGA:Terungkap Penyebab Bus Haryanto Terbakar di Sleman, Sopir Sigap Evakuasi Penumpang

BACA JUGA:Basarnas Siapkan Puluhan Personel dan Kapal Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang di Pulau Sitaro

Selain itu, Hutama Karya melakukan penambahan fasilitas SPBU modular di rest area yang belum memiliki SPBU hingga mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mengakomodir kendaraan listrik serta pemberian diskon tarif sebesar 20% di ruas-ruas panjang yaitu Terbanggi Besar – Pematang Panggang - Kayu Agung, Indralaya – Prabumulih dan Pekanbaru – Dumai pada periode arus mudik 3-5 April 2024 dan arus balik 17-19 April 2024. 

Dari evaluasi pelayanan selama momen mudik lebaran 2024, Hutama Karya menemukan trafik

kendaraan yang melintas setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H terbilang lebih tinggi dibandingkan sebelum lebaran.

Hal ini diperkirakan karena banyaknya keluarga yang menunda mudik dan memilih untuk melakukan perjalanan setelah lebaran, terbukti dari tingginya lonjakan pada 11 April 2024 atau H+1 lebaran sebanyak 141.347 kendaraan atau meningkat 141% dibandingkan VLL normal. 

BACA JUGA:Sekda Jabar Jamin Masjid Raya Al Jabbar Kini Bebas Pungli, Jika Terjadi Lagi Langsung Dipolisikan

BACA JUGA:Kasatlantas dan Kapolsek di Riau Terjatuh dari Paramotor Saat Patroli Udara Memantau Latihan Pacu Jalur

Selain itu,banyak pengguna jalan tol yang memanfaatkan momen libur ini untuk berkunjung ke tempat wisata atau kuliner, dapat dilihat dari tingginya pertumbuhan pada Tol Indrapura – Kisaran yang merupakan akses wisata bagi pengguna jalan tol dari arah Medan menuju ke daerah Kisaran. 

“ Selama momen mudik lebaran, kami juga mengoperasikan sebanyak 6 (enam) rest area secara fungsional di Tol Indrapura – Kisaran, Binjai – Langsa dan Pekanbaru - Bangkinang dengan pengunjung yang selalu ramai tiap harinya," tungkas Adjib.

" Ini menandakan bahwa kesadaran pengguna jalan tol untuk beristirahat saat mengantuk atau lelah ketika berkendara demi mengutamakan keselamatan sudah mulai terbentuk,” lanjutnya. 

Dengan komitmen untuk terus berinovasi, Hutama Karya berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan, utamanya pada pelaksanaan layanan libur Nataru mendatang agar pengguna jalan tol memiliki perjalanan yang menyenangkan. 

BACA JUGA:Terminal Tegal Berangkatkan 7 Bus Arus Balik Gratis Pemprov DKI Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: