5 Tips Betah di Rumah, Sulap Hunian Jadi Lebih Homey

5 Tips Betah di Rumah, Sulap Hunian Jadi Lebih Homey

Tips Rumah lebih nyaman -Berbagai hal jadi pertimbangan seperti perabotan dan desain interior-Praxis

JAKARTA, DISWAY.ID – Ada ungkapan rumahku istanaku.

Maka tidak ada yang lebih nyaman selain rumah sendiri.

Ada beberapa cara untuk membuat rumah menjadi lebih nyaman dan homey.

The Grand Kenjeran gandeng Artisan Rug, Cosentino Indonesia, Arbor & Troy, in-Lite, dan Ubin Kayu berbagi tips, dan inspirasi.

BACA JUGA:Adaptasi AI di Dunia Pendidikan, Binus University Kini Punya Program Magister Desain

Suasana yang homey memiliki peranan penting dalam sebuah hunian, karena dapat meningkatkan kenyamanan dan membuat Anda lebih betah di rumah.

Tak hanya sekadar tempat tinggal, rumah juga merupakan tempat untuk bersantai serta rehat dari hiruk pikuk dunia luar. Maka dari itu, menjaga atmosfer yang mendukung merupakan salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan dalam menata interior rumah.

“Selain memperhatikan keselarasan desain setiap ruangan dengan konsep secara keseluruhan, kita perlu menciptakan suasana yang homey agar hunian nyaman untuk ditempati. Terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menata interior sebuah hunian, seperti fungsi, desain, serta keselarasan seluruh komponen terhadap konsep yang ingin diraih,” ungkap Ivana Tantoyo, Director of The Grand Kenjeran.

BACA JUGA:8 Ide Desain Kursi Taman Terbaik untuk Pekarangan Rumah

Tips Rumah Lebih Nyaman

1.Semakin sejuk dengan Ubin Kayu

Musim panas yang terik di Indonesia tak jarang membuat kita gerah dan tidak nyaman, baik saat beraktivitas di luar ruangan maupun di dalam rumah terlebih dengan cuaca di berbagai wilayah Indonesia yang belakangan ini semakin panas.

Suhu ruangan yang panas dan pengap dapat mengganggu kualitas tidur, aktivitas, dan bahkan kesehatan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencari cara agar hunian tetap terasa sejuk dan nyaman.

Jika sedang membangun atau merenovasi rumah, ubin kayu bisa jadi salah satu alternatif untuk membuat rumah terasa lebih sejuk.

Lantai kayu memiliki sifat tetap sejuk di cuaca yang panas, hal ini karena kayu merupakan isolator panas yang baik.

Kayu dapat menyimpan kesejukan malam pada siang hari yang panas.

Pastikan Anda menggunakan lantai yang terbuat dari 100 persen kayu asli agar lebih tahan lama.

“Selain itu, penggunaan ubin kayu juga dapat meningkatkan estetika dan memberi kesan hunian yang lebih natural,” kata Kevin Sieto, Direktur PT. Ubinkayu Indonesia. 

BACA JUGA:Cek Jadwal Peluncuran Apple iPhone SE 4, Desainnya Dijamin Lebih Unggul

2. Bangun sensasi rileks dengan pencahayaan tepat

Mengatur pencahayaan di rumah dapat menjadi kunci untuk menciptakan suasana yang lebih homey.

Pemilihan lampu yang tepat tidak hanya memberikan fungsi penerangan yang optimal, tetapi juga dapat menciptakan nuansa yang berbeda di setiap ruangan.

Melalui pencahayaan yang tepat, hunian dapat menjadi lebih nyaman dan mengundang bagi kerabat yang berkunjung.

“Lampu berwarna kuning identik dengan suasana ruangan yang hangat dan nyaman. Memiliki sifat yang tidak menyilaukan pandangan, lampu tersebut bisa menciptakan sensasi rileks bagi penghuni. Anda dapat menerapkan berbagai teknik dalam menata penerangan di rumah, seperti layered lighting dengan mengkombinasikan beberapa jenis penerangan seperti general lighting, indirect lighting, spot light, dan decorative light,” ungkap Fransiska Darmawan, General Manager Marketing in-Lite

BACA JUGA:Desainer Jersey Timnas Indonesia Ungkap Desain Asli yang Didowngrade: Aslinya Gak Gitu!

3. Memilih perabot yang fungsional dan aesthetic

Ruang tengah dapat dikatakan jantung dari sebuah hunian, di mana setiap anggota berkumpul untuk berbagi cerita dan momen berharga.

Tak hanya itu, terkadang area ini juga sering digunakan untuk menyambut tamu, sehingga penting untuk menjaga keindahannya.

Tentu, salah satu perabot yang identik dengan ruangan ini adalah sofa.

Oleh karena itu, pemilihan sofa yang tepat menjadi hal penting dalam menciptakan suasana yang nyaman.

Carmelia Hersini, Business Relations Manager Arbor & Troy mengungkapkan, “Selain aspek visual, kenyamanan dan fungsional juga menjadi aspek penting lainnya yang perlu diprioritaskan saat memilih sofa. Anda perlu mempertimbangkan kualitas bahan, ukuran dan bentuk yang sesuai dengan kebutuhan ruangan, serta desain yang timeless agar bisa digunakan pada waktu yang lama,” ucapnya.

BACA JUGA:Fashion Sumbang Rp225 triliun, 300 Desainer Meriahkan Indonesia Fashion Week 2024

4. Makin enjoy masak dengan dapur yang comfy

Bukan rahasia lagi bahwa dapur yang nyaman dapat memicu kreativitas dalam proses memasak.

Maka, dapur tak boleh luput dari perhatian Anda saat merancang desain interior yang mengusung kenyamanan.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah memilih countertop yang dapat mendukung efisiensi dan efektivitas saat mempersiapkan hidangan.

Airine Pratama, General Manager Cosentino Indonesia menyampaikan, “Memilih countertop yang higienis dan mudah dibersihkan adalah salah satu aspek kunci dalam membangun dapur yang nyaman untuk memastikan kebersihan hidangan yang disajikan. Anda juga perlu memastikan untuk menggunakan material yang tahan goresan dan mudah dibersihkan, seperti Dekton. Selain itu, Dekton juga memiliki banyak variasi motif dan warna yang dapat disesuaikan dengan gaya dan desain keseluruhan dapur Anda. Dengan demikian, aktifitas sehari-hari di dapur Anda akan terasa nyaman, tenang, dan menyenangkan.”

BACA JUGA:Sejauh Mata Memandang Kolaborasi dengan Desainer Adrian Gan Usung Koleksi dari Benang Daur Ulang

5. Buat hunian makin elegan dengan karpet

Karpet memiliki kemampuan untuk memberikan sentuhan ajaib yang bisa memberi kesan yang lebih elegan sekaligus homey pada hunian Anda.

Tak hanya memberikan kenyamanan fisik, karpet juga membawa sentuhan artistik sebagai titik fokus yang menarik perhatian.

Dengan begitu, karpet bukan hanya sekadar pelengkap, tapi juga langkah strategis untuk menambah karakter dan kenyamanan hunian.

“Karpet dapat membantu menyelaraskan pola, tekstur, dan warna dari berbagai elemen dekoratif, sehingga menciptakan kenyamanan dan keseimbangan desain interior. Anda juga bisa mengatur penempatan furniture di atas karpet untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan elegan dengan tidak menyentuh dinding,” jelas Bobby Sitanajah, Direktur PT. Mitra Niaga Jaya Manggala (Artisan Rug). 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: