Kemenkes Kerjasama dengan Elon Musk, Distribusi Koneksi Internet ke Puskesmas Pelosok Daerah

Kemenkes Kerjasama dengan Elon Musk, Distribusi Koneksi Internet ke Puskesmas Pelosok Daerah

Uji coba internet Starlink di Puskesmas Pembantu Denpasar, Bali oleh CEO SpaceX Elon Musk dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin-Kemenkes-

BACA JUGA:Elon Musk Resmi Luncurkan Starlink di Indonesia

Peluncuran dan uji coba Starlink juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono. 

Menurut Menkes Budi, peningkatan konektivitas internet dapat membuka akses yang lebih baik ke layanan kesehatan dan memudahkan akses komunikasi antar-daerah sehingga pelaporan dari fasilitas pelayanan kesehatan bisa real time. 

Aktivitas ini juga mendukung agenda digitalisasi transformasi kesehatan Indonesia.

Uji coba tersebut untuk mengetahui pencatatan data imunisasi, skrining penyakit tidak menular (PTM), atau penimbangan balita secara digital oleh tenaga kesehatan (nakes) melalui Aplikasi Sehat IndonesiaKu (ASIK). Selanjutnya, data tersebut akan ditampilkan secara real time melalui dasbor ASIK.

BACA JUGA:Jokowi Full Senyum, Starlink Punya Elon Musk Mau Tanam Investasi di Indonesia

Infrastruktur ini juga diharapkan dapat digunakan untuk layanan telemedisin, telekonsultasi, dan pemantauan pasien secara daring, sehingga masyarakat mendapatkan akses untuk layanan spesialis meski tinggal di daerah terpencil dan terluar.

Biaya untuk berlangganan dan pengadaan infrastruktur Starlink oleh puskesmas tidak menggunakan anggaran Kemenkes, tetapi menggunakan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di bawah Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ditransfer pemerintah pusat ke pemerintah daerah setiap tahunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: