Jamaah Haji Kaget, Laundry di Madinah Rp 65 Ribu Per Kilogram

Jamaah Haji Kaget, Laundry di Madinah Rp 65 Ribu Per Kilogram

Karyawan Nujum Express Laundry, Madinah, sedang menyeterika pakaian pelanggan. --Media Center Haji

MADINAH, DISWAY.ID – Sembilan hari di MADINAH, jamaah haji butuh mencuci baju. Hotel di MADINAH tidak menyediakan fasilitas untuk mencuci baju. Bisa saja mencuci di kamar mandi di kamar hotel, tapi tidak ada tempat khusus untuk menjemur.

Jamaah haji pun melirik laundry yang ada di sekitar hotel. Banyak tempat mencuci pakaian di sekitar hotel. Seperti di Nujum Express laundry yang berada di dekat Hotel Abraj Tabah di Jalan King Faisal, Madinah. 

BACA JUGA:Mengintip Dapur Katering Haji di Makkah, Dalam Seminggu Tak Boleh Ada Menu yang Sama

BACA JUGA:Sukanti, 25 Tahun Bekerja di Malaysia Demi Wujudkan Keinginan Ayahnya yang Tunanetra untuk Berhaji

Nujum Express Laundry menawarkan servis kilat. "Cucian pagi masuk, sore sudah di antar ke hotel. Sudah cici dan setrika," kata Mustofa, karyawan Nujum Express Laundry kepada tim Media Center Haji (MCH). 


Karyawan Nujum Express Laundry, Madinah, menyortir pakaian pelanggan. --Media Center Haji

Untuk layanan ekspres itu, harganya SAR 15 atau Rp 65 ribu per kilogram. Bila hanya cuci kering lipat, tanpa setrika, harganya SAR 13 per kilogram. Atau sekitar Rp 58 ribu per kg. "Kalau tanpa setrika setengah hari sudah boleh ambil," kata Mustofa

Bandingkan dengan harga laundry di Jakarta. Dengan harga yang sama di Jakarta bisa untuk 5 Kg baju. "Biasanya di tempat saya hanya Rp 50 ribu untuk cuci setrika per 5 Kg," ujar M. Soleh, jamaah haji dari Embarkasi Jakarta Pondok Gede. 

BACA JUGA:Ini Empat Kesalahan Garuda Indonesia kepada Jamaah Haji yang Membuat Kementerian Agama Jengkel

BACA JUGA:Jamaah Haji Indonesia Pakai Smart Card, Apa fungsinya?


Mustofa, karyawan Nujum Express Laundry, Madinah, melayani pelanggan. --Media Center Haji

Meski begitu banyak juga jamaah haji Indonesia yang mencucikan bajunya di Nujum Express Laundry. Menurut Mustofa, sebagian besar pelanggan mereka adalah jamaah haji Indonesia dan Malaysia. Pada musim haji, sehari Mustofa bisa melayani 150 orang pelanggan. Dari jumlah itu, separonya jamaah Indonesia.

Nujum Express Laundry buka mulai pukul 06.00 hingga 24.00 Waktu Arab Saudi. Mustofa punya 10 rekan kerja. Mereka dibagi tiga shift untuk berjaga secara bergantian.  


Tumpukan pakaian pelanggan Nujum Express Laundry, Madinah, selesai dicuci dan disetrika. --Media Center Haji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: