Apakah Hewan Kurban akan Menjadi Kendaraan di Akhirat? Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Faktanya

Apakah Hewan Kurban akan Menjadi Kendaraan di Akhirat? Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Faktanya

Ustadz Adi Hidayat Kecewa Banyak Jemaah Haji Pamer di Medsos: Bahaya!--YouTube

"Hampir seluruh hadist-hadist yang terkait dengan keutamaan-keutamaan penyembelihan kurban, yang dimaksudkan keutamaan ini berlebihan, yang seperti tadi disampaikan, itu tidak ditemukan kekuatannya," ungkapnya.

Karena itu, ia menjabarkan beberapa komentar dari para ulama mengenai hadist atau riwayat mengenai hal ini.

BACA JUGA:Emang Boleh Kurban Idul Adha Cuma Potong Ayam? Gus Baha: Alasan Imam Qurtubi Masuk Akal

"Seperti ulama Ibnu Hajar Al-Asqalani juga menyebut riwayat ini sangat lemah sekali, demikian dengan as-Sakhawi, pakar di bidang penelitia hadist, juga senada dengan Ibnu Hajar Al-Asqalani, menilai hadistnya sangat lemah sekali," kata Ustaz adi Hidayat.

Lalu, disebutkan Ustaz Adi Hidayat ada ulama Al-Munawi yang juga menilai riwayat atau hadist tersebut sangat lemah.

Namun demikian, ada juga pandangan lain dari beberapa ulama yang mengatakan bahwa bisa saja riwayat tersebut berhubungan erat dengan pahala.

Yang mana, jika semakin baik dan makin bagus hewan yang ingin dikurbankan, maka semakin banyak pula pahala yang didapatkan.

"Namun demikian, ada komentar yang sangat juga cukup bagus dari sebagian kalangan ulama yang menyebutkan bahwa boleh jadi perkataan-perkataan ini sesungguhnya bukan ingin menunjukan maksud dari real, aslinya ini menjadi kendaraan," lanjut Ustaz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Gus Baha Sebut Idul Adha Ikut Arab Sangat Keliru: Hisabnya Beda Hasil

Beliau juga menjelaskan jika komentar tersebut berupa majas atau kiasan, karena ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab ini seringkali bisa bermakna kiasan.

"Maksudnya adalah hewan-hewan ini yang jika memang kita bisa mencari yang paling bagus, mencari yang paling baik, maka dimungkinkan pahalanya semakin bagus, semakin baik, semakin banyak," ungkap Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat juga mengatakan dari banyaknya pahala tersebut akan memudahkan mereka melewati Al-Shirath, sebab timbangannya makin besar dan makin banyak.

Dalam hal ini, Ustaz Adi hidayat berkata jika ingin berkurban maka dengan anggaran yang mungkin kita bisa keluarkan dan cari yang paling bagus hewannya.

Dari keikhlasan dalam berkurban itulah yang dapat menjadikan pahala makin berlipat dan berpeluang menghadirkan ridho Allah SWT untuk menutupi kesalahan manusia sehingga bisa mempercepat jalan melewati Shirath.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: