Viral Satu Keluarga Keracunan Susu Evaporasi Dicampur Ikan Tuna Santan, Ahli Gizi Jelaskan Kandungan hingga Cara Konsumsi yang Benar

Viral Satu Keluarga Keracunan Susu Evaporasi Dicampur Ikan Tuna Santan, Ahli Gizi Jelaskan Kandungan hingga Cara Konsumsi yang Benar

Satu keluarga keracunan susu evaporasi yang dicampur dengan ikan tuna.-@indo_psikologi-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Sebuah video viral usai memperlihatkan satu keluarga keracunan susu evaporasi yang dimasak dan dicampur dengan ikan tuna santan sampai masuk ke IGD (Instalasi Gawat Darurat).

Video viral ini diunggah oleh akun Instagram @indo_psikologi yang menunjukkan satu keluarga terbaring lemas IGD usai memakan ikan tuna yang dimasak dengan campuran susu evaporasi.

"Orang gila mana, orang gila mana.. gua yang gila bikin satu keluarga masuk IGD keracunan masakan gua," bunyi narasi dalam video yang dikutip pada Kamis, 30 Mei 2024.

BACA JUGA:Viral Pil KB Picu Kanker Payudara, Kepala BKKBN Ingatkan Jangan Asal Minum dan Wajib Periksa

BACA JUGA:Viral Perempuan Meninggal Usai Cabut Gigi Bungsu, Kok Bisa? Ini Penjelasan Dokter

Postingan ini pun sontak viral di media sosial, bahkan banyak yang menyoroti kandungan dari susu evaporasi yang ternyata bisa menyebabkan satu keluarga keracunan.

Susu evaporasi sendiri merupakan produk susu yang telah melalui pemrosesan khusus untuk menghilangkan sebagian besar air yang ada di dalamnya.

Proses pembuatan susu evaporasi sendiri berawal dari memanaskan susu segar lebih dulu di wadah tertutup dalam tekanan rendah.

Dari proses pemanasan inilah, suhu yang tinggi akan menyebabkan kandungan air dalam susu menguap.

Selain itu, berkat proses tersebut, nutrisi yang terkandung dalam susu evaporasi secara umum lebih tinggi dibandingkan dengan susu segar.

BACA JUGA:Pentingnya Imunisasi, Cegah Kecacatan hingga Kematian akibat Penyakit Menular

Diketahui, susu evaporasi banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan masakan atau kue, bahkan bisa dikonsumsi secara langsung.

Tetapi, susu evaporasi tidak sama dengan susu kental manis. Meski kemasannya mirip, bedanya susu evaporasi tak ada tambahan gula sehingga rasanya juga cenderung tidak manis.

Sementara itu, menurut Spesialis Gizi Klinik Primaya Hospital Pasar Kemis dr. Margaretha Dianasanti, Sp. GK, menyampaikan informasi terkait kandungan serta bagaimana mengonsumsi susu evaporasi yang benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: