Jawaban Soal PMM 2024: Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas/Satuan Pendidikan yang Telah Anda Lakukan?

Jawaban Soal PMM 2024: Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik Anda di Ruang Kelas/Satuan Pendidikan yang Telah Anda Lakukan?

Ilustrasi PMM (Platform Merdeka Mengajar)-Canva-

Mengapa? Supaya peserta didik tersebut mampu untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah mereka lakukan dan kemudian mereka akan mampu untuk mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapinya.

Contoh Jawaban 2

Sebagai pendidik, tentunya saya ingin jika peserta didik dapat menanamkan sikap disiplin positif dalam diri diri mereka tanpa paksaan dari siapapun.

BACA JUGA:7 Contoh Jawaban Soal PMM 2024 'Bagaimana Rencana Anda dalam Mengatasi Tantangan Agar Bisa Memastikan Perubahan?', Referensi untuk Guru!

Namun, sikap itu benar-benar didasari dari diri sendiri atau motivasi instrinsik, supaya disiplin positif ini bukan bentuk kewajiban, melainkan sebagai sebuah gaya hidup.

Hal ini mampu untuk dicapai dengan cara mendorong para peserta didik dengan melakukan banyak kegiatan positif yang menyenangkan, membantu peserta didik menaati keyakinan kelas yang sudah disepakati bersama serta berusaha jadi guru yang terbuka.

Lalu, tidak memberikan hukuman pada peserta didik yang melakukan kesalahan, tetapi diganti dengan memberikan mereka sebuah tindakan yang membangun pribadi bertanggung jawab.

Contoh Jawaban 3

Mencoba untuk hilangkan sikap omeriter dengan membuka ruang dialog bersama siswa menjadi salah satu perubahan praktik yang saya lakukan di ruang kelas agar dpaat berinteraksi dengan mereka.

BACA JUGA:Contoh Jawaban dari Soal PMM 2024 'Apa 3 Tantangan Paling Sulit yang Guru Hadapi dalam Melakukan Perubahan?'

Hal ini juga bisa membuat siswa jadi lebih merasa bebas untuk mengungkapkan pendapat dan ikut berpartisipasi dalam proses belajar.

Selain itu, sebagai guru yang juga akan mendorong mereka (siswa) untuk berbicara mengenai kesulitan yang tengah dihadapi dengan memberikan kesempatan serta masukan terkait metode pengajaran yang digunakan.

Contoh Jawaban 4

Mencoba mengenali setiap kebutuhan dan gaya belajar siswa yang berbeda-beda, saya menerapkan diferensiasi instruksi.

Sebagai pendidik, itu berarti saya akan memberikan sebuah bimbingan yang disesuaikan dengan kebutuhan individual setiap siswa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: