Idul Adha 1445 Hijriah, Maruf Amin Ajak Umat Islam Tingkatkan Kepedulian Sosial

Idul Adha 1445 Hijriah, Maruf Amin Ajak Umat Islam Tingkatkan Kepedulian Sosial

Pelaksanaan salat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Istiqlal, Senin 17 Juni 2024-Dok Youtube Istiqlal TV-

JAKARTA, DISWAY.ID - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan peringatan Idul Adha itu mengajarkan umat meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan.

Ini bertujuan ntuk kemanusiaan dengan saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial yang sedang terjadi di dunia.

BACA JUGA:PMJ Gelar Shalat Idul Adha 1445 Hijriah, Kapolda dan Jajaran Hadir

BACA JUGA:5 Titik Lokasi Salat Idul Adha di Jakarta Pada 17 Juni 2024, Cek di Sini!

Ia mengatakan umat Islam harus meneladani sifat nabi dan rasul seperti pengorbanan dan keikhlasan.

"Peringatan Iduladha sudah selayaknya tidak hanya dilihat sebagai ritual ibadah semata, melainkan juga menjadi momen refleksi ajaran-ajaran dan keteladanan para nabi dan rasul, seperti pengorbanan dan keikhlasan, serta ketaatan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail alaihimassalam kepada Allah SWT," kata Ma'ruf Amin, Senin, 17 Juni 2024.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan solidaritas ke seluruh umat manusia.

"Hikmah Idul Adha mengajarkan kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan. Saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di dunia,” ujar Ma'ruf.

BACA JUGA:Masjid Agung Al Azhar Jakarta Selatan Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

BACA JUGA:Salat Idul Adha di Jakarta Islamic Centre Bakal Dipimpin Imam Masjid Al Aqso Palestina

Hari Raya Iduladha sendiri, lanjut Ma’ruf, pada hakikatnya bukan hanya merupakan sebuah ritual keagamaan dengan penyembelihan hewan kurban. 

Namun, menurutnya, Iduladha memiliki dimensi sosial yang kuat dalam konteks kepedulian dan tolong menolong terhadap sesama.

"Jadikan momen ini untuk terus menyuarakan pesan kebajikan dan membantu sesama. Bukan saja atas dasar keagamaan atau kebangsaan, tetapi juga kemanusiaan,” tegas Ma'ruf.

"Saya juga mengajak seluruh elemen masyarakat Indonesia dengan semangat Iduladha ini untuk meningkatkan jiwa pengorbanan dengan senantiasa bergotong royong dan saling membantu antar sesama serta terus mengedepankan kepentingan bersama dan saling menguatkan antar sesama dalam setiap keadaan," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: