Sosok Sumy Hastry Purwanti Ahli Forensik yang Naik Pangkat Jadi Brigjen, Pernah Bongkar Kasus Kematian Ibu dan Anak di Subang

Sosok Sumy Hastry Purwanti Ahli Forensik yang Naik Pangkat Jadi Brigjen, Pernah Bongkar Kasus Kematian Ibu dan Anak di Subang

Sosok Sumy Hastry Purwanti ahli forensik yang naik pangkat jadi Brigjen.--Istimewa

JAKARTA, DISWAY.ID - Kombes Sumy Hastry Purwanti, polwan ahli forensik menerima kenaikan pangkat menjadi Brigjen.

Sumy Hastry Purwanti sendiri merupakan polwan ahli forensik yang pernah menangani kasus kematian ibu dan anak di Subang yang sempat gempar pada tahun 2021 silam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) Polri di Rupatama Mabes Polri pada Sabtu, 29 Juni 2024.

BACA JUGA:Ini Dia Sosok Abripda Yohanes, Personil Brimob yang Naik Pangkat Usai Tertembak KKB Papua

Sumy Hastry Purwanti menjadi salah satu dari total 31 pati polri yang mengikuti upacara kenaikan pangkat berdasarkan surat telegram nomor STR/1768/VI/KEP/2024, dan telegram nomor STR/1686/VI/KEP/2024.

Kini Sumy Hastru Purwanti mendapat gelar baru yang semula Komisaris Besar (Kombes) Dr. dr. Sumy Hastry Purwanti, D.F.M.,Sp.F yang menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen).

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan adanya polwan yang menjadi jendral membuktikan keseriusan polri dalam mendukung keadilan dan kesetaraan gender di lingkungan kepolisian.

"Memberikan kesempatan kepada Polisi Wanita (polwan) untuk menduduki jembatan strategis di lingkup kepolisian" ujar Irjen Dedi dalam keterangannya.

BACA JUGA:122 Personel Polres Metro Tangerang Naik Pangkat

Sosok Sumy Hastry Purwanti

Sumy Hastry Purwanti merupakan dokter ahli forensik wanita di Indonesia yang lahir pada 23 Agustus 1970.

Hastry Ia merupakan lulusan SEPA Polri 1998 dan lulusan kedokteran forensik di Universitas Diponegoro 2002-2005.

Ia juga dikenal sebagai sosok polwan yang banyak memecahkan kasus kriminal dan mendapat gelar Polwan pertama di Asia yang bergelar dokter forensik.

Hastry juga membuat layanan Forensik Klinik (Forklin) khusus untuk memihak korban kekerasan seksual perempuan dan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: