Hampir 2.000 Orang Dukung Petisi Tolak Pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Hampir 2.000 Orang Dukung Petisi Tolak Pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Prof. dr. Budi Santoso dipecat dari Dekan Fakultas Kedokteran Unair Surabaya-Instagram-

SURABAYA, DISWAY.ID - Kabar pemecatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR) Prof Budi Santoso oleh Rektor Unair Surabaya Prof Dr Mohammad Nasih mendapat perlawanan dari masyararakat dan Insan Akademis Indonesia.

Sebagai informasi, pemecatan Prof Budi Santoso oleh Rektor Unair Surabaya Prof Dr Mohammad Nasih lantaran menolak rencana Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk mendatangkan dokter asing.

BACA JUGA:Mahasiswa Unair Tolak Pemecatan Dekan FK yang Rela Pasang Badan soal Kebijakan Dokter Asing

BACA JUGA:Kementerian Kesehatan Bantah Menkes Minta Dekan Unair Diberhentikan karena Tolak Dokter Asing: Hoaks!

Sebagai bentuk perlawanan, Insan Akademis Indonesia dan masyarakat membuat petisi yang berisi penolakan pemecatan Prof. Budi Santoso karena dinilai melanggar hak Warga Negara Indonesia untuk mengeluarkan pendapat.

"Pemberhentian Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG(K) dari jabatannya sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga karena pendapat yang disampaikan dan dijamin oleh konstitusi adalah bentuk PELANGGARAN KONSTITUSI DAN HAK ASASI MANUSIA serta NILAI-NILAI DEMOKRASI yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia," demikian isi petisi tersebut, Kamis 4 Juli 2024.

Tak hanya itu, Insan Akademis Indonesia juga mendesak agar Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Nadiem Makarim agar segera memulihkan nama baik Prof. Budi Santoso.

"Meminta kepada Bapak Presiden Republik Indonesia, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengembalikan jabatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kepada Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG(K) serta memulihkan nama baiknya," tulisnya.

BACA JUGA:7 PTN Masih Buka Jalur Mandiri Bulan Juli 2024, Ada UI, Undip hingga Unair

Akademi Insan Indonesia kemudian menuntut kepada Pimpinan Universitas Airlangga agar mengembalikan jabatan Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG(K).

"Menuntut kepada Pimpinan Universitas Airlangga untuk mengembalikan jabatan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga kepada Prof. Dr. dr. Budi Santoso, SpOG(K)," tulisnya.

Hingga berita ini dibuat, petisi penolakan pemecatan Prof. Budi Santoso sudah ditandatangi hampir 2 ribu orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: