Cegah Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes, Pentingnya Skrining Kesehatan dan Perubahan Gaya Hidup

Cegah Hipertensi, Kolesterol dan Diabetes, Pentingnya Skrining Kesehatan dan Perubahan Gaya Hidup

tes segitiga; hipertensi, kolesterol, dan diabetes penting dilakukan--Desa Medica

Program 'Cek Segitiga' dirancang untuk memberikan layanan skrining penyakit kronis dan konsultasi gratis kepada masyarakat. Program ini mencakup 3 pemeriksaan utama yakni tekanan darah, gula darah sesaat, dan kolesterol dalam 3 tahapan, yakni skrining dengan melakukan pemeriksaan kesehatan awal, konsultasi untuk mendapatkan nasihat medis dari dokter, serta edukasi dengan mempelajari cara menjaga kesehatan secara berkelanjutan.

Corporate Affairs Director Dexa Group, Tarcisius Tanto Randy mengungkapkan bahwa acara ini sejalan dengan nilai inti perusahaan.

BACA JUGA:Makan Besar saat Imlek 2024, Ini Tips Aman Bagi Penderita Diabetes dan Hipertensi

"Kita mewujudkan core value perusahaan kita yaitu Deal with Care, peduli atas sesama, jadi kita menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan untuk para pengunjung di GBK ini," kata Tarcisius.

Sejalan dengan upaya skrining kesehatan ini, harapannya dapat menurunkan prevalensi penyakit tidak menular dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan.

 “Harapan ke depannya ada kontribusi terhadap penurunan beban pembiayaan penyakit tidak menular,” kata Tarcisius melanjutkan.

BACA JUGA:Kisah Pilu Riska Mahasiswi UNY yang Tewas Akibat Beban Uang Kuliah Tunggal Tinggi, Hipertensi Berakhir Kematian

Berdasarkan data BPJS Kesehatan, beban pembiayaan penyakit tidak menular mencapai Rp24,1 triliun di 2022, naik dibandingkan tahun 2021 di angka Rp17,9 triliun.

Selain itu, data Bank Dunia menunjukkan total pembiayaan kesehatan mandiri (Out of Pocket Health Expenditure) Indonesia mencapai 34.76% – jauh di atas rekomendasi WHO sebesar 20%.

BACA JUGA:Dijuluki Sebagai The Silent Killer, Ini Dia Bahaya Hipertensi

Pentingnya Skrining Kesehatan dan Perubahan Gaya Hidup

Pada skrining kesehatan, banyak warga dengan kolesterol tinggi terdeteksi di program skrining kesehatan.

Dokter RS Abdi Waluyo yang bertugas, dr. Armand Achmadsyah mengungkap bahwa warga dengan kolesterol tinggi tak hanya yang lanjut usia saja.

BACA JUGA:Apa Itu Diet DASH? Ternyata Wajib Dilakukan Buat Penderita Hipertensi

"Memang statistiknya sendiri nggak cuma pasien-pasien yang sudah tua, bahkan ada yang 24 tahun itu kolesterolnya sudah tinggi," kata dr. Armand.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: