Panen Raya Padi di Kabupaten Barito Kuala, Baznas Dorong Kemandirian Ekonomi Petani di Kalsel

Panen Raya Padi di Kabupaten Barito Kuala, Baznas Dorong Kemandirian Ekonomi Petani di Kalsel

Program Lumbung Pangan Baznas berhasil lakukan panen raya di Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan-Dok. Baznas-

"Melalui kegiatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS baik itu dari pusat, provinsi, dan kabupaten untuk unsur-unsur lainnya yang telah membantu kegiatan ini." 

"Program ini sangat membantu meningkatkan produktivitas petani di Kabupaten Barito Kuala. Mudah-mudahan ke depannya kegiatan ini bisa kita perbanyak, kita replikasi di tempat lain. Sehingga ini betul-betul menjadi program unggula," ucapnya.

Sementara itu, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan, MA., mengatakan, Program Lumbung Pangan Baznas merupakan program pemberdayaan ekonomi bagi mustahik pedesaan di bidang pertanian melalui pendekatan agribisnis berkelanjutan. 

"Dalam program ini mustahik didorong untuk membentuk kelompok usaha yang mampu mengelola produktivitas, kualitas, dan kontinuitas pasokan produk pertanian, alhamdulillah untuk di Barito Kuala, Kalsel ini saat ini jumlah petani  82 orang dengan jumlah total luasan lahan 100 hektare," kata Saidah. 

"Selain bantuan dana, tentunya pendampingan intensif juga dilaksanakan untuk menambah kemampuan petani. Setelah mendapat pelatihan dan pendampingan, diharapkan ke depan Kelompok Petani Berkah dapat memproduksi pupuk organik dan pestisida nabati secara mandiri," jelasnya. 

Program lumbung pangan di Barito Kuala melakukan pengembangan budidaya padi lokal ekosistem lahan gambut varietas karandukuh dan siam runtai, pengembangan itik alabio, dan tanaman lain seperti jeruk dan cabai. 

Program Lumbung Pangan Berkah Baznas Kalsel ini bekerja sama dengan Baznas Kalimantan Selatan, Baznas Barito Kuala, Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PPMDDTT) Banjarmasin Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi(Kemendes PDTT), serta Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: