Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality

Peringati Hari Pelanggan Nasional, PNM Ajak Pelaku UMKM Terapkan Hospitality

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM peringati Hari Pelanggan Nasional dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan.--PNM

JAKARTA, DISWAY.ID – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) ajak pelaku usaha ultra mikro dan UMKM peringati Hari Pelanggan Nasional dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan.

Apresiasi yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan prima dan menerapkan hospitality atau keramahan.

BACA JUGA:PNM Peduli Tanam Ribuan Pohon Mangrove dan Terumbu Karang di Kalimantan

Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ary menilai keramahan menjadi salah satu aspek yang perlu diasah dan diterapkan oleh pelaku usaha khususnya nasabah PNM Mekaar.

Hal ini diyakini dapat membantu memenangkan hati pelanggan dan meningkatkan kepuasan mereka yang berujung pada peningkatan pembelian.

“Tantangan besar bagi pelaku UMKM untuk dapat menonjol di persaingan pasar yang sengit. Hospitality bisa dimulai dengan menyapa dan senyum ramah saat melayani pembeli. Tinggalkan kesan yang baik agar mereka nyaman dan mau menjadi langganan,” jelas Dodot.

BACA JUGA:PNM Dukung Penuh Gerakan Nasional Cerdas Keuangan Besutan OJK

Menurut Dodot, UMKM juga dapat mencontoh dan belajar dari bisnis yang sudah besar dalam memberikan pelayanan.

“Meskipun skala usaha mikro tapi pelayanan harus berupaya menyesuaikan standar makro,” tambahnya.

Penerapan hospitality tidak hanya menjadi kunci dalam menjaga loyalitas pelanggan, tetapi juga menjadi salah satu faktor penting dalam keberhasilan pertumbuhan usaha.

BACA JUGA:79 Tahun Kemerdekaan RI Gaungkan Nusantara Baru, PNM Dukung UMKM Terus Maju

Pelaku UMKM juga diimbau untuk menciptakan diferensiasi agar dapat unggul dengan penjual lainnya di industri yang sama.

“Suasana yang menyenangkan dalam berbelanja akan mempengaruhi bagaimana pembeli merasakan pengalaman, apalagi jika UMKM paham preferensi pelanggan tentu akan berimbas pada meningkatnya penjualan karena terbangun rasa nyaman,” jelas Dodot.

BACA JUGA:Dirut PNM Raih Anugerah Inspiratif 2024, Tokoh Penggerak Transformasi Sosial Ekonomi dan Pemberdaya Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: