Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Berani Beri Peringatan Kepada Pejabat

Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Berani Beri Peringatan Kepada Pejabat

Bahlil: Faisal Basri Tokoh yang Berani Beri Peringatan Kepada Pejabat-Disway/Fajar Ilman-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mendatangi rumah duka untuk melayat ekonom senior Faisal Basri yang meninggal dunia pada Kamis pagi, 5 September 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Bahlil memberikan pernyataan mengenai sosok almarhum yang dianggap mampu memberikan peringatan kepada pejabat negara, termasuk dirinya.

BACA JUGA:Kenangan JK tentang Almarhum Faisal Basri, Ekonom yang Pintar dan Berani

BACA JUGA:Adik Faisal Basri Ungkap Kondisi Almarhum Sebelum Meninggal Dunia

"Bang Faisal ini, menurut saya, satu tokoh yang mampu mengerem para pejabat seperti saya. Jadi pikiran-pikirannya itu sangat kritis. Tapi sebagian pikirannya itu benar," katanya kepada wartawan di rumah duka, Jakarta Selatan, Kamis, 5 September 2024.

"Saya nggak tahu siapa lagi setelah Bang Faisal yang berani lantang untuk ngomong. Tapi itu sebuah kebenaran, dan saya sangat apresiasi," lanjutnya.

Bahlil juga menilai bahwa sosok seperti Faisal Basri sangat dibutuhkan di pemerintahan mendatang, terutama dalam konteks kepemimpinan pemerintahan selanjutnya.

"Sangat, sangat, saya dalam berbagai diskusi dengan beliau, sekalipun kami berbeda, kami sangat saling menghargai. Apalagi Bang Faisal ini kan, ya boleh dikatakan salah satu guru saya dalam hal data," ungkapnya.

BACA JUGA:Sosok Ekonom Faisal Basri di Mata Sudirman Said, Konsisten dan Independen

BACA JUGA:Ekonom Faisal Basri Tutup Usia, Agus Pambagio Kehilangan Teman Diskusi

Bahlil menyatakan kekagumannya terhadap Faisal Basri.

"Jadi sekalipun saya di-challenge dengan data-data, bagus. Almarhum ini top, deh," tutupnya.

Faisal Basri dikenal sebagai ekonom dan politikus Indonesia, serta keponakan dari mendiang Wakil Presiden RI Adam Malik. Ia merupakan salah satu pendiri Majelis Amanah Rakyat (Mara) yang kemudian menjadi cikal bakal Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain itu, Faisal juga aktif di dunia pendidikan sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI sejak 1981 dan terlibat dalam berbagai program pascasarjana di universitas tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: