Prabowo-Gibran Janji Bangun Sekolah Unggulan, Pengamat Khawatirkan Senasib dengan RSBI

Prabowo-Gibran Janji Bangun Sekolah Unggulan, Pengamat Khawatirkan Senasib dengan RSBI

Peneliti Pendidikan Pusat Riset Kependudukan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Anggi Afriyansyah-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran berjanji akan membangun sekolah unggulan terintegrasi di sejumlah wilayah.

Terdapat empat lokasi yang saat ini telah ditentukan, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, dan Maluku Utara.

BACA JUGA:Sandiaga Uno Titip 5 Destinasi Prioritas Dilanjutkan Menteri Pemerintahan Prabowo-Gibran

BACA JUGA: Jadi Ketum Kadin 2024-2029, Anindya Bakrie: Siap Sukseskan Program Prabowo Gibran

"Di satu sisi ini tentu akan menjadi optimisme ada sekolah unggulan ini berarti ini anak-anaknya adalah yang berprestasi," kata Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim pada Kongres I P2G di Jakarta, 16 September 2024.

Namun begitu, ia mengkhawatirkan program ini dapat memunculkan kembali ketimpangan pendidikan seperti pada RSBI.

Selain itu, hal ini juga tidak sejalan dengan pemerataan pendidikan yang telah diupayakan pemerintah, salah satunya melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

"Persoalannya, apakah sekolah unggulan ini adalah sekolah yang hanya diperuntukkan bagi mereka yang mampu, yang kaya, atau mereka yang secara akademis tinggi?" lanjutnya.

BACA JUGA:Bertemu Presiden Vietnam, Menhan Prabowo Perkuat Kerjasama Pertahanan Kedua Negara

Pasalnya, konsep sekolah unggulan ini sebenarnya sudah pernah diterapkan pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan nama Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).

"Kita tahu di era Pak SBY sudah ada RSBI lalu kan dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi karena dianggap tidak inklusif, dianggap hanya segmentatif, hanya memberikan ruang kepada orang anak-anak yang dari keluarga menengah ke atas dan zaman itu masih ada ujian nasional," tandasnya.

Sehingga, ia mewanti-wanti jangan sampai konsep sekolah unggulan yang disiapkan Prabowo-Gibran ini akan sama dengan RSBI.

"Jangan sampai nanti konsep sekolah unggulan yang disiapkan oleh Prabowo Subianto ini akan mengulangi nasib yang sama dengan nasib RSBI yang pada akhirnya bubar sampai hari ini sudah tidak ada lagi karena akan menciptakan disparitas yang makin tinggi," tuturnya.

BACA JUGA: Cak Imin Ngaku PKB Belum Diundang Prabowo untuk Bahas Jatah Menteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: