LPPOM MUI Buka Suara Atas 32 Produk Halal Wine dan Beer: Salah Ketik, Harusnya Beef

LPPOM MUI Buka Suara Atas 32 Produk Halal Wine dan Beer: Salah Ketik, Harusnya Beef

Setelah ramai beredar di dibicarakan, LPPOM MUI buka suara atas 32 produk halal wine dan beer dan mengatakan bahwa salah satunya salah ketik, harusnya beef.-tangkapan layar X@salamfermandeh-

JAKARTA, DISWAY.ID - Setelah ramai beredar di dibicarakan, LPPOM MUI buka suara atas 32 produk halal wine dan beer dan mengatakan bahwa salah satunya salah ketik, harusnya beef.

Menurut Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama (BPJPH Kemenag) menyebut bahwa terdapat 32 produk dengan penamaan wine dan beer yang diperiksa oleh Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI yang mendapatkan sertifikasi halal.

Hal ini menanggapi ramainya di media sosial produk-produk bersertifikasi halal dengan penamaan yang cenderung berkonotasi pada hal-hal haram, seperti tuyul, tuak, beer, dan wine.

Direktur LPPOM MUI Muti Arintawati menjelaskan, pihaknya telah menelusuri temuan tersebut dan memastikan bahwa 25 produk yang menggunakan kata wine merupakan kosmetik.

BACA JUGA:Intip Pemain Drama China The Rise of Ning, Zhang Wanyi dan Ren Min Jadi Adik Kakak!

BACA JUGA:Kejar Bus Telolet, Bocah Tewas Tertabrak Taksi di Ragunan

Adapun kata wine mendeskripsikan warna dari lipstik, bukan terbuat dari wine.

“Wine di sini berasosiasi dengan warna di lipstik kosmetika, bukan sensori rasa maupun aroma, menurut Komisi Fatwa MUI, penggunaan kata wine untuk menunjukkan jenis warna warna wine untuk produk non-pangan diperbolehkan, ” terang Muti dalam keterangannya, 3 Oktober 2024.

Sedangkan produk dengan nama bir yang lolos LPPOM MUI adalah minuman tradisional bukan khamr yang sudah dikenal umum sebagai adat, seperti bir pletok.

“Hal ini pun diperbolehkan oleh Komisi Fatwa MUI mempertimbangkan produk tersebut sudah dikenal lama di tengah masyarakat sebagai minuman tradisional non khamr, ” jelasnya.  

BACA JUGA:Sinopsis Film The War with Grandpa di Bioskop Trans TV Hari Ini 3 Oktober 2024, Misi Cucu Usir Kakek dari Rumah

BACA JUGA:Kasus Begal di Jl Parimeter Utara Bandara Soetta, Korban Terkena Luka Bacok

Lebih lanjut, pihaknya juga telah menelusuri tiga produk bernama beer yang didaftarkan melalui LPH BPOM.

Hasilnya, pada produk tersebut terjadi kesalahan pengetikan yang seharusnya "beef".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: