Tidak Mudah! KAI Beberkan Rumitnya Proses Seleksi Calon Masinis

KAI membeberkan rumitnya proses seleksi calon masinis, di mana masinis merupakan profesi yang memiliki peran sangat penting dalam sebuah perjalanan kereta api. -KAI-
BACA JUGA:Razman Nasution Akui Sudah Serahkan Hasil USG Lolly ke Polres Jaksel: Itu Permintaan Keluarga Vadel
Setelah melalui serangkaian Diklat yang panjang dan lulus, maka pekerja tersebut akan melangkah ke tingkat-tingkat selanjutnya di antaranya:
1. Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) Tingkat Pratama
ASP Tingkat Pratama ditugaskan sebagai Asisten Masinis yang membantu tugas Masinis dalam dinas KA serta sebagai Masinis yang ditugaskan untuk Langsiran dengan pendampingan.
ASP Tingkat Pratama harus menjalani 2.000 jam perjalanan KA hingga ia bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.
2. Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) Tingkat Muda
Setelah lulus baru ia akan menjalani 8.000 jam perjalanan KA sebagai pimpinan perjalanan yang mengoperasikan KA secara reguler maupun langsiran.
BACA JUGA:Akhir Tahun Jalan-Jalan ke Bangkok, Ini Rekomendasi Kuliner Enak
BACA JUGA:Xiaomi 14T Series Bikin Ngiler Dilengkapi Fitur AI, Pengunjung Rela Antre First Sale
3. Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) Tingkat Madya
ASP Tingkat Madya bisa membutuhkan waktu 1 tahun 11 bulan atau lebih menyesuaikan pelaksanaan Diklat ASP Muda dan pelaksanaan sertifikasi.
4. ASP Tingkat Madya sama persis tugasnya dengan masinis muda namun bisa ditugaskan sebagai penyelia atau instruktur.
Seorang calon Masinis harus lulus dan memiliki tanda lulus pendidikan dan pelatihan Awak Sarana Perkeretaapian sesuai dengan sistem pengoperasiannya.
BACA JUGA:Awas! Fenomena La Nina Segera Hantam Indonesia Oktober 2024, Berpotensi Hujan Lebat di Lokasi ini
BACA JUGA:Israel Hancurkan Pangkalan Minyak Prancis Pasca Macron Tolak Dukung Serang ke Lebanon
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Temukan Berita Terkini kami di WhatsApp Channel
Sumber: