Waspada Penipuan Rekrutmen BUMN, Begini Modusnya...

Waspada Penipuan Rekrutmen BUMN, Begini Modusnya...

Hasuil seleksi Rekrutmen BUMN bersama 2022 diumumkan hari ini, 9 mei 2022--Instagram/@kementrianbumn

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan rekrutmen tenaga kerja yang mengatasnamakan kementerian, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) atau perusahaan BUMN.

Subkoordinator Hubungan Masyarakat Kementerian BUMN, Umi Gita Nugraheni mengatakan, terdapat tiga ciri-ciri umum modus penipuan.

Pertama, penggunaan surat dengan logo pada kop surat. Umi menjelaskan seluruh proses rekrutmen yang diselenggarakan Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN hanya diunggah dan tersedia melalui kanal resmi.

BACA JUGA:Wah! Pemudik Boleh Titip Kendaraan di Polsek hingga Polres Secara Gratis, Begini Keterangan Polisi

"Hasil pengumuman yang beredar dalam bentuk surat yang menggunakan logo pada kop surat adalah penipuan," ujar Umi dalam keterangannya, Rabu 27 April 2022.

"Kedua, tanda tangan yang mengatasnamakan manajer atau direksi BUMN," imbuhnya. 

Umi meminta, masyarakat untuk memastikan kembali kebenaran informasi terkait rekrutmen BUMN yang diperoleh dalam bentuk apapun melalui kanal resmi masing-masing perusahaan pelat merah.

"Pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat menggunakan nama dan membubuhkan tanda tangan mengatasnamakan manajer atau direksi BUMN," terangnya.

BACA JUGA:Pemekaran Tasikmalaya Selatan Diparipurnakan DPRD Jabar Besok

Ketiga, pelamar diminta membayar sejumlah biaya. Umi mengatatakan seluruh proses rekrutmen yang dilakukan Kementerian BUMN gratis.

"Jika pelamar dihubungi dan diminta melakukan transfer dana, hal ini dipastikan penipuan," imbuhnya.

Untuk itu, Umi mengimbau masyarakat jangan ragu melaporkan kepada panitia rekrutmen BUMN jika menemukan ketiga ciri tersebut.

Masyarakat dapat melaporkan melalui kanal-kanal resmi Kementerian BUMN, FHCI, dan BUMN-BUMN terkait melalui kanal resmi yaitu email [email protected], dan telegram Panitia Rekrutmen Bersama FHCI BUMN_bot.

BACA JUGA:Elon Musk Tak Sabar Bertemu Jokowi di SpaceX

Sumber: