Terungkap Rentetan Fakta Jatuhnya Pesawat Jet Boeing 737-800, Forum IPU Sampaikan Duka

Terungkap Rentetan Fakta Jatuhnya Pesawat Jet Boeing 737-800, Forum IPU Sampaikan Duka

Di forum IPU, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan bela sungkawa atas jatuhnya korban jiwa Pesawat Jet Boeing 737-800, Selasa 22 Maret 2022.-DPR RI-

”Seperti dalam pidato saya di pembukaan IPU ke-144, tantangan dan ketidakpastian hanya bisa diatasi jika kita bersatu, bekerja sama, dan jika kita dapat memperkuat kerja sama internasional,” tegas Puan.

Executive Secretary of CTBTO, Dr. Robert Floyd yang menjadi pembicara dalam forum memberi apresiasi atas komitmen Indonesia terhadap Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir.

”Indonesia masih menjadi pendukung yang kuat atas traktat ini, untuk itu kami ucapkan terima kasih,” ungkap Dr Floyd.

Delegasi Indonesia sudah mendapat giliran untuk berbicara di General Debate IPU ke-144 hari ini.

Mengenai usulan emergency item terkait resolusi konflik Rusia-Ukraina, Indonesia menegaskan agar IPU bisa menjadi jembatan kedua negara.

Indonesia pun meminta forum IPU mendengar masukan dari semua pihak. Delegasi Indonesia juga menyatakan penyusunan resolusi dari IPU terkait konflik Rusia-Ukraina harus dengan pendekatan demokrasi, perdamaian dan mengedepankan prinsip hak asasi manusia (HAM).

Dalam forum IPU, Indonesia mendapat apresiasi dari sejumlah negara delegasi. Sebagai tuan rumah penyelenggaraan IPU ke-144, DPR RI dipuji keramahannya.

Beberapa negara yang memberikan apresiasi di mimbar sidang di antaranya Selandia Baru, Turki, Tanzania, Aljazair, Belanda, dan Zimbabwe. Pujian juga datang dari para delegasi di luar sidang. 

Banyak yang merasa penyelenggaraan IPU di Indonesia terasa berbeda dibandingkan dengan di negara lain. Salah satunya adalah anggota parlemen perempuan Meksiko, Marisol Garcia Segura.

”Sejak kami datang di sini, kehangatan masyarakat Indonesia sangat terasa. Kalau di negara-negara lain biasanya plain. Tapi di Indonesia, semua orang-orangnya sangat hangat dan saya bersyukur bisa hadir di sini,” tutur Marisol.

Berikut beberapa fakta menyangkut pesawat jet Boeing 737-800 dan penerbangan China Eastern Airlines yang jatuh pada Senin 21 Maret 2022 yang membawa 132 orang di dalamnya:

BOEING 737-800

Boeing 737-800 adalah bagian dari seri 737, jenis pesawat komersial yang paling banyak diterbangkan di dunia. Seri tersebut dibangun pada 1960-an untuk melayani rute jarak pendek atau menengah.

Boeing 737-800 masuk ke kelompok 737 NG atau Next-Generation, yang jumlah pengirimannya sudah mencapai lebih dari 7.000 pesawat sejak 1993 serta memiliki catatan keselamatan yang sangat baik setelah hampir 30 tahun penerbangan.

Boeing 737-800 yang berisi 162 hingga 189 kursi diluncurkan pada 5 September 1994. NG adalah pendahulu 737 MAX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters