Terungkap Rentetan Fakta Jatuhnya Pesawat Jet Boeing 737-800, Forum IPU Sampaikan Duka

Terungkap Rentetan Fakta Jatuhnya Pesawat Jet Boeing 737-800, Forum IPU Sampaikan Duka

Di forum IPU, Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan bela sungkawa atas jatuhnya korban jiwa Pesawat Jet Boeing 737-800, Selasa 22 Maret 2022.-DPR RI-

BALI, DISWAY.ID - Rentetan fakta-fakta nahasnya pesawat Jet Boeing 737-800 mulai terungkap, di Forum IPU Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan rasa dukacita atas jatuhnya pesawat penumpang di China.

Belasungkawa ia sampaikan untuk delegasi China yang hadir di 144th Assembly of the Inter Parliamentary Union (IPU) di Bali dan juga untuk rakyat Negara Tirai Bambu itu.

”Sebelum memulai sesi selanjutnya, saya ingin menyampaikan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya bagi delegasi dan rakyat Tiongkok atas jatuhnya pesawa China Eastern Airlines MU 5735,” ujar Puan saat memimpin Sidang IPU-144 di Bali International Convention Centre (BICC) Nusa Dua, Bali, Selasa 22 Maret 2022.

BACA JUGA:Pesawat China Eastern Airlines Jatuh, Nasib 133 Penumpangnya Belum Diketahui

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini mengajak delegasi IPU untuk jeda sesaat memberikan empati bagi China atas insiden kecelakaan pesawat yang terjadi pada Senin 21 Maret 2022 itu.

Kecelakaan pesawat China Eastern Airlines jatuh di area pegunungan di wilayah China bagian selatan. Pesawat tersebut membawa sekitar 132 penumpang.

”Kami mendoakan yang terbaik untuk para penumpang dan kru pesawat, Semoga proses evakuasi berjalan lancar,” ucap Puan.

BACA JUGA:Pesawat China Eastern Jatuh Membawa 132 Orang, Sebabkan Hutan Terbakar Hebat

Sidang Majelis IPU masih melanjutkan General Debate yang membahas sejumlah isu global, termasuk soal penanganan perubahan iklim yang menjadi tema dalam forum parlemen internasional ini.

General debate IPU pun turut membahas mengenai Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir dari The Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization (CTBTO).

Puan menyebut traktat larangan ini memungkinkan dihindarinya negara-negara untuk mengembangkan senjata nuklir untuk pertama kalinya atau pengembangan senjata nuklir yang lebih kuat bagi negara-negara yang memilikinya.

BACA JUGA:Kabar Baik! Tak Ada WNI jadi Korban Jatuhnya Pesawat Eastern Airlines, Begini Keterangannya

”Traktat juga mencegah potensi kerusakan besar oleh dampak akibat radioaktif ledakan nuklir ke manusia, hewan dan tumbuhan,” sebut Cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Puan lalu menekankan agar seluruh negara anggota IPU mengedepankan asas perdamaian dan menjauhi kekerasan, dalam model apapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reuters