Ternyata Bukan Konsumsi Alkohol Penyebab Utama Kanker Hati, Simak Penjelasaanya

Ternyata Bukan Konsumsi Alkohol Penyebab Utama Kanker Hati, Simak Penjelasaanya

Ilustrasi: Peduli kanker hati-Pixabay/@danielcaico-

JAKARTA, DISWAY.ID--Data Global Cancer Observatory (Globocan) 2020 mencatat kanker hati merupakan salah satu dari empat penyebab kematian akibat kanker paling banyak di Indonesia.

Mayoritas penderita kanker hati primer di dunia memiliki penyakit hati kronis seperti sirosis hati yaitu terbentuknya jaringan parut di hati akibat penyakit kronis.

Kanker hati disebabkan oleh berbagai faktor, bukan hanya konsumsi alkohol yang berlebih namun bisa jadi akibat akumulasi penumpukan lemak di hati yang berhubungan erat dengan obesitas dan diabetes.

BACA JUGA:Cegah Kanker, Orang Tua Diharapkan Perhatikan Kesehatan Anak Sedini Mungkin

Pada dasarnya kanker hati dibagi menjadi dua macam yaitu kanker hati primer dan kanker hati metastasis. Kanker hati primer merupakan kanker yang terjadi dari sel-sel hati yang normal berubah menjadi sel-sel abnormal.

Sementara, kanker hati metastatis yaitu kanker hati yang berasal dari penyebaran kanker dari organ lain seperti usus besar, paru-paru atau payudara. Kanker hati primer yang terbanyak adalah hepatocellular carcinoma (HCC).

Dokter Hendra Nurjadin, SpPD, KGEH – Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi-Hepatologi, Mayapada Hospital Tangerang dalam siaran pers pada Selasa 22 Maret 2022 menjelaskan bahwa sirosis hati tidak hanya disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih.

BACA JUGA:Sudah Benar Cara Sikat Gigi Anda? Berikut Ini Penjelasan Usman Sumantri

Pada banyak kasus yang ditemukan sirosis disebabkan oleh penyakit hati yang tidak berhubungan dengan alkohol atau disebut Nonalcoholic Steatohepatitis (NASH) yaitu terjadinya penumpukan lemak di hati, yang berhubungan dengan obesitas, sindrom metabolik dan diabetes.

Infeksi hepatitis B dan C yang banyak terjadi di Indonesia juga merupakan penyebab banyaknya sirosis hati yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kasus kanker hati.

"Sebenarnya hepatitis B ini dapat dicegah dengan vaksinasi dan hepatitis C dapat dengan mudah diobati, cukup hanya 3 bulan saja dengan obat-obatan anti virus yg baru," kata dr. Hendra.

BACA JUGA:5 Tips Cegah Impoten Pada Pria, Kesehatan Mental Ternyata Juga Berpengaruh Lho!

Pentingya deteksi dini

Seperti kasus kanker yang lainnya, terdiagnosis sejak dini adalah kunci utama penanganan kanker hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: