Prakiraan Cuaca BMKG 23 Maret 2022: 21 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Angin Disertai Petir

Prakiraan Cuaca BMKG 23 Maret 2022: 21 Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Angin Disertai Petir

JAKARTA, DISWAY.ID - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi 21 wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada Rabu 23 Maret 2022.

21 wilayah yang dimaksud di antaranya, Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Maluku, hingga Papua.

BMKG mengimbau warga senantiasa waspada dengan perubahan cuaca yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Dalam rilisnya, BMKG menyebut, Siklon Tropis Charlotte diprakirakan berada di Samudera Hindia selatan Jawa Barat dengan kecepatan angin maksimum mencapai 65 knot dan tekanan terendah 974 hPa.

BACA JUGA:Sampah Menumpuk di Rumah? Yuk Kelola dan Donasikan Saja Lewat Cara Ini

Sistem ini bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan intensitasnya akan menurun dalam 24 jam ke depan.

Meskipun demikian, siklon tropis ini dapat membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Lampung dan di pesisir selatan Jawa Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Ternyata Bukan Konsumsi Alkohol Penyebab Utama Kanker Hati, Simak Penjelasaanya

Serta meningkatkan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah Selat Sunda, Banten, Jawa Barat, dan Perairan selatan Jawa.

Terpantau pula sirkulasi siklonik di Laut Arafuru dan di perairan utara Papua, yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Arafuru, di Samudra Pasifik utara Papua, di Papua Barat, dan di Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari pesisir barat Sumatra Utara hingga Aceh, di Laut China Selatan, dan pesisir barat Kalimantan Barat.

Lalu Kalimantan bagian tengah, Laut Jawa, NTT, dan dari selat Makassar hingga Seluawesi Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut

Sumber: