Antisipasi Arus Balik Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Halim

Antisipasi Arus Balik Mudik Lebaran, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Halim

Arus kendaraan di jalan Tol Lingkar Luar Jakarta-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya tengah mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H. Salah satunya menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Halim Perdanakusuma.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan, banyak pemudik yang kembali ke Jakarta melalui di Gerbang Tol Halim.

"Persoalannya, gerbangnya di tol Halim sedikit, belum lagi kalau berlaku kebijakan one way, nanti yang sebelah kanan dipakai masuk ke Jakarta," kata Sambodo dalam keterangannya, Senin 2 Mei 2022.

BACA JUGA:Pemberian Remisi Idul Fitri 1443 H Terbanyak dari Sumatera Utara, Total Capai 16.265 Napi

Karena itu, kata Sambodo, perlu dilakukan rekayasa lalu lintas agar kemacetan bisa diminimalkan.

"Kita sudah menyiapkan cara bertindak dan alternatifnya, sehingga mudah-mudahan kita bisa mengelola kemacetan, sehingga tidak terlalu menimbulkan hal yang tidak baik di masyarakat," imbuhnya.

"Puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan terjadi pada 6 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022.

Di sisi lain, kata Sambodo, pihaknya juga fokus mengatur arus lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) khususnya setelah KM 66.

"Itu kan terbagi dua, 60 persen lurus ke Cikampek, 40 persen ke Bandung, 60 persen sampai Semarang itu juga terbagi lagi ada yang keluar Cirebon dan sebagainya," ujarnya.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Firman Shantyabudi mengimbau kepada pemudik untuk kembali lebih awal dari kampung halaman agar terhindar dari kepadatan arus balik Lebaran. 

"Saya berharap masyarakat yang sudah Lebaran sudah minta maaf, sudah jangan buat kesalahan lagi, cepat aja pulang lagi, kan berangkatnya awal kemarin," kata Irjen Firman Shantyabudi.

BACA JUGA:1.343 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bulak Kapal, Bekasi Dapat Remisi Idul Fitri 1443 H

Firman mengatakan, puncak arus balik diprediksi akan terjadi pada Jumat 6 Mei 2022 hingga Minggu 8 Mei 2022. Dalam hal ini, Firman mengharapkan kerjasama antara pemudik dengan kepolisian.

"Manfaatkan 6 Mei 2022 7 Mei 2022, karena kita akan (terapkan) satu arah, tapi pulang lebih awal lebih baik lagi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: