5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Booster, Jangan Sampai Diremehkan Lho

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Booster, Jangan Sampai Diremehkan Lho

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: Twitter--disway.id

3. Makan Makanan Sehat

Vaksin tidak bekerja secara instan. Maka itu, mengkonsumsi makanan bergizi dapat memengaruhi potensi efektivitas kerja vaksin pada tubuh. Usahakan untuk makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral sebelum menerima suntik vaksin.

BACA JUGA:524.816 Orang Sudah Menyeberang dari Sumatera ke Pulau Jawa

4. Tidur Cukup

Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.

5. Berolahraga

Olahraga disebut menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan kerja sistem imun. Jadi tak ada salahnya berolahraga beberapa waktu sebelum menerima suntik vaksin.

BACA JUGA:Undang Ragil ke Podcast, Permintaan Deddy Corbuzier Minta Dijadikan Gay Buat Terkejut: Bisa Enggak?

Berapa Lama Booster Vaksin Dosis Ketiga COVID-19 Dapat Melindungi Tubuh?

Daya perlindungan tubuh setelah menerima 3 kali vaksin COVID-19 bisa berbeda-beda setiap orang, tergantung jenis vaksin yang diperoleh, kondisi tubuh, dan varian virus Corona yang beredar.

Hingga saat ini, penelitian menunjukkan bahwa efek perlindungan pada tubuh seseorang setelah ia menerima vaksin booster jenis Pfizer dan Moderna bisa bertahan hingga 6–7 bulan.

Untuk lamanya perlindungan yang diberikan vaksin booster lainnya masih terus diteliti, tetapi diperkirakan antibodi yang terbentuk juga bisa menetap hingga setidaknya 6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: