Terus Selidiki Dugaan Korupsi Formula E, KPK Akui Butuh Waktu

Terus Selidiki Dugaan Korupsi Formula E, KPK Akui Butuh Waktu

Pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta-Instagram/Formula E-Instagram

JAKARTA, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus berupaya menyelidki kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E DKI Jakarta.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan, penyidik butuh waktu menaikan status dari penyelidikan ke penyidikan.

Sebab menurutnya, hingga saat ini penyidik masih mengumpulkan bahan dan keterangan terkait dugaan kasus tersebut. 

"Sejauh ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan KPK. Penyelesaian suatu kasus memang butuh waktu yang cukup," kata Ali, dikutip dari RRI, pada 12 Mei 2022.

BACA JUGA:Duh! CPNS Ditipu Oknum ASN Pemprov Kalbar Sejak 2017, Kerugian Capai Puluhan Juta

Ali menjelaskan, pengumpulan bahan dan keterangan dilakukan penyidik untuk mencari unsur pidana dalam kasus itu. 

"Kami masih terus meminta keterangan pihak-pihak terkait dan menganalisanya lebih lanjut untuk berupaya menemukan dugaan peristiwa pidana korupsinya," urai Ali.

Ali memastikan  dalam mengusut suatu kasus, KPK tidak bergantung pada desakan masyarakat. Namun begitu, Ali menyatakan KPK berterima kasih atas dukungan masyarakat dalam penyelesaian setiap kasus dugaan korupsi.

BACA JUGA:Gus Miftah Tegaskan Video yang Di-Takedown Deddy Corbuzier Jangan Disebar Lagi, Peringatannya Tak Main-main

"KPK bekerja tentu bukan atas dasar ada desakan siapa pun. Tidak bisa dipercepat mau pun diperlambat, namun kami harus memastikan seluruhnya dilakukan sesuai mekanisme hukum," ujar Ali.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lansung sirkuit Formula E di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada Senin 25 April 2022.

Kedatangan Presiden Jokowi ini untuk melihat kesiapan Formula E ini ditemani langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

BACA JUGA:Mulyadi Pembunuh Janda di Bandung Berakhir Tragis Gantung Diri: Tak Tahan Dikucilkan

“Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa di lapangan, untuk trek balapannya sudah siap. Kemudian yang dikejar tinggal paddock dan grand stand-nya masih ada waktu habis lebaran,” kata Jokowi, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, pada 25 April 2022.

Sumber: