Catat! 5 Makanan 'Berbahaya' Ini Harus Dihindari di Umur 40 Tahun, Cegah Mulai dari Sekarang

Catat! 5 Makanan 'Berbahaya' Ini Harus Dihindari di Umur 40 Tahun, Cegah Mulai dari Sekarang

Ilustrasi makanan yang harus diwaspadai mitosnya. Foto: Pixabay--

5. Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan, seperti roti putih, pasta, dan lainnya memiliki tingkat Indeks Glikemik (GI) tinggi. Sumber karbohidrat ini akan dengan cepat meningkatkan gula darah dan menjadi faktor penyebab penyakit jantung, penambahan berat badan, dan diabetes.

Selain itu, pola makan tinggi karbohidrat olahan juga kurang baik untuk kulit. Ahli gizi menyebut sumber karbohidrat olahan dapat meningkatkan hormon yang merangsang produksi minyak.

BACA JUGA:Ratusan CPNS Mengundurkan Diri di Kabupaten Majalengka, Terancam Disanksi

Hormon-hormon tersebut bahkan dapat mengubah komposisi minyak pada kulit kita dan membuatnya lebih rentan terhadap pembentukan jerawat.

Makanan dengan GI tinggi juga dapat menyebabkan pelepasan hormon growth factor 1 (IGF-1).

Manfaat konsumsi makanan sehat

Dikutip dari alodokter, konsumsi makanan sehat setiap hari sangat diperlukan guna memenuhi asupan nutrisi sehari-hari. Anda pun tidak perlu bingung, karena ada beragam pilihan makanan sehat yang mudah ditemukan dan harganya pun relatif terjangkau.

Tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan agar tetap berfungsi dengan baik. Di dalam tubuh, makanan yang masuk akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi. 

Oleh karena itu, konsumsi makanan sehat penting untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh.

Selain menjadi sumber nutrisi dan energi tubuh, rutin mengonsumsi makanan sehat juga dapat memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat otot dan tulang, menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga mempertahankan berat badan ideal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: