Situasi Bangkok Mulai Panas, Jenderal Prayut Turun Tangan Redam Perpecahan Koalisi

Situasi Bangkok Mulai Panas, Jenderal Prayut Turun Tangan Redam Perpecahan Koalisi

Perdana Menteri Thailand Jenderal Prayut Chan-o-cha akan mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin partai dalam koalisinya yang berkuasa.-Chanat Katanyu/Bangkok Post-

Koalisi runtuh 

Mantan panglima militer, yang memimpin kudeta 2014 sebelum mengambil alih kekuasaan sebagai perdana menteri setelah pemilihan 2019, memimpin koalisi 16 partai yang memegang 248 kursi dibandingkan dengan 208 kursi oposisi.

Tapi basisnya terpecah-pecah. Pada bulan Januari, sebuah faksi yang terdiri dari 20 anggota parlemen dari Partai Palang Pracharath ditendang karena pertengkaran internal.

Dan bulan lalu, tujuh menteri dari partai koalisi junior menolak menghadiri rapat kabinet berturut-turut atas perpanjangan konsesi untuk kereta api perkotaan Skytrain Bangkok.

Jenderal Prayut telah berusaha untuk menopang koalisinya dengan menjangkau kelompok-kelompok yang lebih kecil dan harus menggalang dukungan yang cukup untuk bertahan dari debat tidak percaya yang diajukan oleh oposisi ketika parlemen bersidang kembali pada bulan Mei.

Titipol Phakdeewanich, dekan Fakultas Ilmu Politik di Universitas Ubon Ratchathani, mengatakan mekanisme itu lebih merupakan alat pengukur tekanan bagi oposisi, dan tidak mungkin untuk menjatuhkan pemerintah.

Bagaimanapun, konstitusi yang dirancang pada tahun 2017 memiringkan skala yang mendukung partai-partai pro-militer.

Pada 2019, partai Jenderal Prayut hanya menjadi yang terbesar kedua dalam hal kursi, tetapi dengan bantuan Senat, yang dipenuhi pendukung, berhasil membentuk koalisi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bangkok post