Ganjar Pranowo Luruskan Soal Kenaikan Harga Tiket Masuk Borobudur Rp 750,000, Begini Penjelasannya...

Ganjar Pranowo Luruskan Soal Kenaikan Harga Tiket Masuk Borobudur Rp 750,000, Begini Penjelasannya...

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo angkat bicara soal rencana kenaikan tarif tiket masuk kawasan Candi Borobudur Rp750 ribu-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo angkat bicara soal rencana kenaikan tarif tiket masuk kawasan Candi Borobudur Rp750 ribu bagi wisatawan lokal.

Dijelaskan Ganjar, tarif Rp750 ribu itu hanya akan dibebankan bagi wisatawan yang hendak naik ke bangunan Candi Borobudur. Adapun tiket masuk Candi Borobudur hanya Rp50 ribu.

Artinya, wisatawan yang membayar tiket masuk Rp50 ribu hanya bisa masuk sampai di pelataran Borobudur. Mereka tak bisa naik ke area stupa.

"Terkait tiket masuk kawasan dan naik ke candi perlu disampaikan ke publik, agar bisa tahu kenapa ada pembatasan orang naik ke candi," kata Ganjar, Senin 6 Juni 2022.

BACA JUGA:Museum Macan Hadirkan 'Agus Suwage: The Theater of Me', Karya dengan Konteks Reformasi Indonesia

"Wisatawan masih belum diizinkan naik ke candi. Mereka hanya boleh di kawasan pelataran Candi Borobudur," sambungnya.

Ganjar memastikan, bahwa wacana tarif masuk sebesar Rp750 ribu bagi pelancong lokal dan USD100 bagi wisatawan mancanegara, tak lain untuk membatasi jumlah pengunjung naik ke atas candi.

"Jadi, untuk bisa naik ke atas candi harus diatur dengan pengendalian melalui tarif. Jadi, tidak semua yang datang (bisa) naik," ujarnya.

Sementara harga tiket untuk pelajar, kata Ganjar, justru akan jauh lebih murah. Tiket pelajar yang sebelumnya Rp25 ribu per orang akan turun menjadi Rp5 ribu per orang.

"Khusus tiket masuk bagi pelajar pertimbangannya justru diturunkan jadi Rp5 ribu," ucapnya.

Dengan munculnya wacana baru ini, Ganjar mengimbau kepada seluruh pihak yang berkepentingan di area kawasan candi borobudur, khususnya pedagang untuk tidak khawatir. Ia memastikan, pengunjung yang datang berwisata akan tetap ramai seperti biasanya.

"Jadi pedagang enggak perlu takut soal itu. Toh hari ini semua enggak boleh naik kan juga ramai," pungkasnya.

BACA JUGA:Gawat! Putin Beri Ancaman Baru Perang di Ukraina

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan rencana menaikkan harga tiket ke Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan USD100 untuk wisatawan asing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: