Dari KTT TechX Singapura: Ada Alat Pendeteksi Turis sampai Toilet Pengujian Narkoba

Dari KTT TechX Singapura: Ada Alat Pendeteksi Turis sampai Toilet Pengujian Narkoba

Menggunakan kamera resolusi tinggi, sistem dapat mendeteksi tingkat stres dengan mengukur kemerahan pada wajah seseorang karena perubahan aliran darah dan detak jantungnya. ALPHONSUS CHERN/ST-Alphonsus Chern/ST-

Rekaman video dari penjahat yang sebenarnya dianalisis dan digunakan untuk membantu mengembangkan sistem.

Tetapi itu tidak berarti bahwa seseorang yang gelisah atau banyak berkedip hadalah penjahat atau berencana untuk melakukan pelanggaran.

Sistem hanya melakukan penyaringan awal untuk menandai orang-orang dengan perilaku seperti itu. Pemeriksaan keamanan lanjutan diharapkan dilakukan oleh petugas pos pemeriksaan pada pelancong yang teridentifikasi ini.

2. Detektor kebohongan tanpa kontak

Tes poligraf dapat memakan waktu 2 hingga 3 jam untuk memeriksa apakah tersangka berbohong. 

Tetapi sistem pendeteksi kebohongan baru yang akan diuji coba operasional oleh HTX hanya membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit.

Produk komersial ini tidak menggunakan probe seperti dalam tes poligraf, melainkan menganalisis informasi visual tersangka yang diinterogasi.

Menggunakan kamera resolusi tinggi, sistem dapat mendeteksi tingkat stres dengan mengukur kemerahan pada wajah seseorang karena perubahan aliran darah dan detak jantungnya.

Berdasarkan perbedaan bagaimana wajah memerah, petugas Home Team dapat mengetahui apakah orang yang ditanyai mungkin berpikir sangat keras untuk berbohong, atau sedang mengalami tekanan emosional seperti sangat cemas, takut atau marah.

HTX mengatakan sistem ini memiliki tingkat akurasi mendekati 90 persen dibandingkan dengan menggunakan sensor yang terpasang secara fisik.

Tetapi analisis tegangan visual tidak dimaksudkan untuk menggantikan tes tersebut melainkan untuk membantu melakukan tes cepat awal untuk mempersempit tersangka dari kelompok besar, yang mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut menggunakan tes poligraf.

Untuk menggunakan sistem pendeteksi kebohongan tanpa kontak yang baru, seorang petugas hanya perlu beberapa hari pelatihan. Pelatihan untuk tes poligraf, di sisi lain, berlangsung beberapa bulan.

3. Toilet pengujian obat swalayan

Komando Pemasyarakatan Layanan Penjara Singapura melakukan sekitar 5.000 tes urin sebulan pada orang yang diawasi yang merupakan pelanggar narkoba yang menjalani akhir hukuman mereka di masyarakat.

Proses padat karya mengharuskan petugas penjara untuk secara manual mendaftarkan para pengawas di Pusat Pengawasan Komunitas Taman Selarang, mengawasi mereka tentang cara mengumpulkan sampel urin mereka dan menguji sampel untuk obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: the staits time